Lihat ke Halaman Asli

Mengapa "Ditunda" Gelar Pahlawan untuk Gus Dur?

Diperbarui: 9 November 2015   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selamat malam. Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Sejak Gus Dur wafat, setiap bulan November selalu jadi isu 'akan' diberi gelar pahlawan. Bisa dipastikan tak lama kemudian menyusul kabar itu, Soeharto juga 'akan' diberi gelar serupa. Ramai sebentar, lalu redup. Lalu, karena alasan 'masih kontroversi', keduanya (di)batal(kan) dapat gelar pahlawan. Agar tidak kelihatan kentara, tahun ini diselipkan nama Sarwo Edi, tak lain adalah ayah Ani Yudhoyono (istri Susilo Bambang Yudhoyono).

Isu gelar pahlawan untuk Gus Dur dan Soeharto akan selalu aktual hingga generasi yang mengalami jaman keduanya "habis". Gus Dur dan Soeharto adalah tokoh nasional kita. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, wajar dan manusiawi. Mungkin gelar pahlawan akan resmi diberikan Negara kelak ketika sudah redup fataniknya orang-orang pendukung keduanya.  

Sungguh tidak manusiawi orang atau sekelompok orang yang memanfaatkan isu ini untuk tujuan mediatik semata. Gus Dur dan Soeharto diramaikan di media untuk tujuan tertentu, termasuk hari ini. Bisa juga sebagai sarana mengalihkan isu yang sedang moncer agar para pendukung Gus Dur maupun fanatik Soeharto tidak memperhatikan masa depan yang lebih strategis. Agar para pendukung kedua tokoh itu kembali berbahagia dengan mengenang masa silam.

Meski begitu, saya percaya, untuk menggapai masa depan butuh pijakan masa silam yang baik dan tidak melanggar Pancasila. *

-kra




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline