Lihat ke Halaman Asli

Meledak! Lansia Bergoyang Bersama Mahasiswa

Diperbarui: 25 Desember 2022   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KASEMBON, MALANG – Kamis, 22 Desember 2022 – Kelompok  111 KKM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kegiatan senam bersama lansia yang diselenggarakan di posyandu Dusun Wonorejo, Desa Wonoagung, Kecamatan Kesambon, Kabupaten Malang. Program ini termasuk dalam salah satu kategori dari Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Kegiatan ini, dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Desember 2022, pukul 08.00-10.00, yang dihadiri oleh ibu - ibu lansia.

Kegiatan senam lansia ini merupakan salah satu program dari kelompok 111 KKM. Tujuan diadakannya senam lansia ini untuk mengurangi resiko berbagai penyakit karena untuk usia diatas 60 tahun, sebagai bentuk dukungan sosial kepada lansia dengan pemberian informasi yang diperlukan, memberikan penilaian positif, dukungan semangat, mengikut sertakan dalam kegiatan bersama-sama, dan meningkatkan rasa senang pada lansia dengan adanya aktivitas bersama dan punya hubungan sosial dengan kelompok seusianya, meningkatkan kesehatan jasmani pada lansia, serta meminimalisir munculnya perasan kesepian yang dapat berefek pada kesehatan lansia. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan wawasan masyarakat dalam menjaga kesehatan di usia senja sehingga para lansia dapat tetap sehat, produktif, aman, dan sejahtera.

dokpri

Antusiasme dari masyarakat lansia cukup tinggi, mereka mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan sangat baik, senam ini di pandu oleh instruktur perwakilan Mahasiswa KKM TIM 111. Sebelum kegiatan senam dilaksanakan, diadakan cek mengenai kesehatan pada lansia. Selanjutnya, tidak lupa juga dilakukan pemberian gizi tambahan kepada lansia berupa pembagian snack. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar, dimana program kesehatan ini meberikan dampak positif bagi para lansia Dusun Wonorejo, karena meberikan manfaat bagi kebugaran tubuh secara jasmani kepada masyarakat lansia (lanjut usia) agar tidak mudah terserang penyakit serta meningkatkan kesejahteraan mental lansia agar merasakan dukungan semangat dengan mengikut sertakan dalam kegiatan bersama-sama, dan meningkatkan rasa senang pada lansia dengan adanya aktivitas bersama. Setelah kegiatan program senam selesai dilanjutan dengan bersalam-salam antara mahasiswa KKM dengan masyarakat lansia (lanjut usia) Dusun Wonorejo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline