Lihat ke Halaman Asli

Jokowi, Pemimpin Rakyat ? Ya..!

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Rasanya gak ada habisnya mengulas tentang kepemimpinan gubernur DKI yang satu ini. Ada saja ide atau gagasan untuk ditumpahkan di media. Dari semua gerak geriknya, semua program kerjanya, semua yang menyangkut tentang dirinya bahkan yang bersifat personalpun menarik untuk diliput dan dijadikan bahan perbincangan.
Pak Jokowi, salah satu putra terbaik Indonesia yang saat ini mempunyai tugas untuk memimpin DKI Jakarta, sebuah daerah pusat pemerintahan dan Ibu kota NKRI. Beliau baru saja setahun menjabat sebagai gubernur, sudah digadang gadang untuk menjadi presiden RI tahun depan. Dukungan rakyat begitu besar kepadanya. Yang amat menarik adalah, bagaiman beliau mendapatkan dukungan besar dari rakyat secara sukarela ? Bahkan rakyat bersatu mendirikan posko-posko diwilayah masing-masing untuk mendukung beliau ?
Tentunya mereka begitu sukarela menggalang dukungan, karena mereka menemukan sosok pemimpin yang mereka harapkan ada pada beliau. Pemimpin yang betul - betul mau memikirkan rakyatnya, mengerti dan memahami keinginan rakyatnya. Pemimpin yang benar-benar bisa memimpin, bukan pemimpin yang hanya bisa jadi pimpinan. Pemimpin yang mengabdi bagi rakyatnya.
"Pemimpin itu harusnya menderita, bukan menikmati "
Kalimat itu betul-betul beliau hayati dan beliau implementasikan dalam gaya kepemimpinannya.
*Beliau rela menderita untuk berpanas-panas ria blusukan mengecek rakyatnya di tempat kumuh dan di pasar dibandingkan duduk manis di ruang ber ac di balai kota.
*Beliau rela menderita kedinginan malam-malam mengecek proyek2 agar selesai sesuai targetnya
*Beliau rela menderita tengah malam untuk blusukan melihat keadaan agar tahu mana aja yang harus dibenahi.
*Beliau rela menderita bercapek-capek ria mengontrol birokratnya agar mampu melayani rakyatnya dengan baik.
Itulah sekelumit fakta, bahwa beliau memang pemimpin yang sebenarnya pemimpin. Pemimpin dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Beliau buktikan kecintaannya pada rakyat dengan bekerja sungguh-sungguh untuk kepentingan rakyat. Maka tak heran jika rakyat sangat mencintainya, dan mendukungnya. Itulah fakta sebenarnya, rakyat bisa mencintai pemimpinnya yang jg mencintai. Bukankah saling mencintai itu indah ???
#Salam rakyat kecil..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline