Lihat ke Halaman Asli

Budyharto

Universitas Airlangga

Pentingnya Pengalaman Kerja dan Pengalaman Organisasi dalam Pengembangan Karir

Diperbarui: 1 Juni 2023   23:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kerap kali pengalaman kerja/magang dan pengalaman organisasi dianggap menjadi sebuah hal rivalitas. Padahal keduanya saling melengkapi. Pengalaman kerja dan organisasi memiliki peran penting bagi karir seseorang. Keduanya tidak hanya memberikan pengetahuan atau keterampilan praktis, tetapi juga memungkinkan individu untuk mengembankan jaringan profesional yang kuat serta memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Bagi mahasiswa misalnya, pengalaman kerja/magang dan keikutsertaan dalam organisasi memiliki dampak yang signifikan. Selain memperoleh pengetahuan akademis, pengalaman kerja dan keanggotaan organisasi dapat membantu meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Berikut beberapa perbedaan yang dapat membantu memahami seberapa penting keduanya:

Pengalaman Kerja

  • Pengalaman kerja menunjukkan kemampuan atau bakat seseorang guna menerapkan pengetahuan dan skill mereka dalam dalam lingkungan kerja yang sebenarnya.

  • Peningkatan tanggung jawab dan pencapaian serta dapat menunjukkan kemahiran dan konsistensi performa seseorang dalam pekerjaan sebelumnya.

  • Pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang yang dilamar dapat memberikan kepercayaan bahwa individu telah menguasai tugas dan tanggung jawab yang diperlukan. 

Pengalaman Organisasi

  • Pengalaman organisasi dapat mencerminkan kemampuan seseorang dalam berkolaborasi dengan orang lain, kemampuan koordinasi atau kepemimpinan, dan mengembangkan keterampilan sosial.

  • Keterlibatan dalam organisasi menunjukkan minat dan dedikasi seseorang terhadap pengembangan diri, kepemimpinan, dan partisipasi aktif dalam organisasi.

  • Aktivitas organisasi dapat menunjukkan bahwa anda memiliki kualitas seperti kepemimpinan, kerja sama tim, dan juga kemampuan manajemen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline