Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Means Indonesian Language?

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Negara Inggris disebut England dan bahasanya disebut English. Bahasa Arab disebut dalam Bahasa Inggris dengan Arabic Language. Spanyol dalam Bahasa Inggris disebut dengan Spain, sementara Bahasa Spanyol menjadi Spanish Language. Lalu, bagaimana dengan Bahasa Indonesia? Apakah Bahasa Inggrisnya Bahasa Indonesia adalah "Bahasa"?

Siapa kira-kira yang pertama kali membuat "kesesatan" ini? :) Saya tidak tahu siapa, hanya yang sering kita lihat di teve adalah ketika pemilihan Putri Indonesia. Sang presenter, biasanya Mas Tantowi Yahya menanyakan "Do you want to speak in English or in Bahasa?" yang kalau diterjemahkan artinya akan menjadi "Kamu mau bicara dalam Bahasa Inggris atau dalam Bahasa?" Ada yang aneh?

Kalau mau bicara yang benar, seharusnya Bahasa Indonesia itu jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris akan menjadi "Indonesian Language" atau kalau mau disingkat cukup dengan "Indonesian". Lalu, bolehkah pakai "Bahasa" untuk menggantikan "Bahasa Indonesia" karena sudah terlanjur dipakai umum, apalagi orang Indonesia itu "latahan"? Nah, ini persoalannya. Boleh atau tidak adalah urusan pribadi masing-masing, tetapi untuk edukasi, ini tidak bisa dibiarkan. Ini bisa menyesatkan, apalagi buat orang Bule yang mau belajar Bahasa Indonesia. Jika Bahasa Indonesia itu Bahasa, lantas "language" itu artinya apa?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline