Lihat ke Halaman Asli

Dani Fernanda Al Azzam

Founder dan CEO CV Serambi Media

Kata Penulis Dr. Sermal, S.Ag, M.Pd tentang Serambi Media

Diperbarui: 18 Maret 2023   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Testimoni Penulis, dok. pribadi

Dr. Sermal, S.Ag., M.Pd. Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang telah menerbitkan dan mempercayakan penerbitan buku-buku beliau kepada Serambi Media. Beliau berkata kepada TIM Serambi Media "Buku Membangun Kecerdasan dan Masa Depan. Serambi Media Sebagai Penerbit Berbuat Untuk Itu."

Dalam kesempatan yang singkat saat bertemu dengan Dr. Sermal, S.Ag., M.Pd beliau mengatakan bahwasanya memulai untuk menulis itu sangat berat dan membutuhkan kesiapan pribadi dalam menyusun beberapa bahan yang dibutuhkan untuk meramu kalimat-kalimat yang menjadi paragraf yang sangat dibutuhkan oleh para pembaca.

Paket Terbitan No.3, dok. pribadi

Menjaga diri untuk tetap termotivasi selama menulis adalah sesuatu yang tidak mudah, terutama untuk para pemula. Beberapa penulis begitu lemah ketika berhadapan dengan writer's block, sementara yang lain mungkin juga kehilangan semangat untuk menulis ketika misalnya kehabisan ide.

Untuk lebih memotivasi diri kita untuk menulis, seringkali motivasi menjadi hiasan untuk melecut semangat kepenulisan yang melemah, tapi ketahuilah, itu tidak cukup. Justru selain kata-kata mutiara yang kadang terlampau bias nan bijaksana, langkah konkret adalah hal yang lebih dibutuhkan.

Setiap penulis membutuhkan tempat menulis yang tenang dan bebas gangguan. Untuk alasan ini pula kamu mungkin sering menemukan diri mereka menempati tempat-tempat asing di planet bumi. Rumah di tengah hutan, pondok di tepian danau, kamar loteng atau ruang bawah tanah, semunya adalah tempat favorit para penulis untuk dijadikan ruangan kerja mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline