Lihat ke Halaman Asli

Cara Asik Jadi Karyawan Baru

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Oleh : Putri Yusuf

SELAMAT..!!

Anda adalah orang yang beruntung karena mendapat pekerjaan baru. Jangan lupa, Bersyukur ! Itu yang utama. Karena andapun tahu, di luar sana ada banyak pengangguran dan para pencari kerja yang nasibnya belum seberuntung anda.

Meski pendatang baru dalam lingkungan kerja, pastinya tetap semangat dan murah senyum. Jangan tampil dengan semangat yang pas-pasan. Perlihatkan bahwa anda adalah pribadi yang penuh semangat. Siap menerima tugas - tugas baru anda.

Pelajari seksama lingkungan kerja. Mulai dari teman satu department misalnya. Pelajari juga mengenai dokumen yang berkaitan dengan job dies dan pekerjaan anda, satu hal yang sepele tapi penting adalah mempelajari penggunaan peralatan yang ada dalam ruang kerja. Seperti mesin fax, foto copy, scan dsb. Cuek saja jika awalnya anda belum tahu cara menggunakan atau mengoperasikan perlatan kantor tersebut. Wajar, masih anak baru. Tapi bergegaslah untuk dapat mengoperasikannya.

Tips selanjutnya adalah jika anda adalah orang yang kurang percaya diri, ada 1 rumus yang mungkin bisa dicoba : Rumus tersebut mengatakan "Kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu."

Mengapa..?? Contoh kecilnya seperti ini, ruang kerja anda terdiri atas beberapa karyawan. Katakanlah layoutnya open plan office, dimana tak ada sekat antar meja kerja karyawan satu dengan yang lain. Untuk sebagian orang, keadaan ini mungkin membuat kurang nyaman dan leluasa dalam bekerja. Apalagi untuk orang yang pemalu atau kurang percaya diri. Nah, jika keadaan yang demikian yang anda alami, maka gunakanlah rumus KURA - KURA tadi.

Itu berarti dengan berpura-pura meghiraukan rekan kerja yang lain, anda merasa bekerja dala ruang kerja sendiri, dan anda bisa lebih leluasa serta nyaman dalam melakukan pekerjaan. Anda akan lebih berani dalam berbagai hal. Dengan rumus Kura-Kura anda berani dan membuang jauh rasa takut + minder anda. - toh, saya berada dalam ruangan kerja paling nyaman untuk saya - .Semoga itu hasil yang sama yang akan anda ucapkan ketika telah mengikuti saran saya.

Untuk karyawann baru, lupakan tentang pasal kesenioritasan.

Ingat.! Pasal 1 Senior selalu benar dst... itu tidak ada. Jadi, tidak usah takut terhadap mereka yang sudah lebih dahulu jadi karyawan, yang menjadi senior anda. Kecuali pada atasan, tetaplah bersikap sopan. Untuk rekan kerja yang sesuai jabatan nya. Silahkan tidak usah takut. Belum tentu senior itu lebih mahir dari pada kita. Sekali lagi, tetaplah sopan.

Demikian sedikit bingkisan kecil. Jika kurang pas atau kurang memuaskan, maka  mohon saran dan tanggapannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline