Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Anda Butuh Berkomunikasi Lebih Baik

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Seberapa baik kemampuan anda menciptakan, mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan orang lain? Seberapa banyak konflik dengan orang lain yang tercipta baik disengaja maupun tidak disengaja? Percayalah, kita semua membutuhkan komunikasi yang baik untuk bisa berelasi dengan orang lain. Apakah anda atasan, bawahan, suami, istri, dosen, mahasiswa atau siapapun anda, membutuhkan cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Seberapa sering anda berbasa-basi dengan teman, namun kemudian berubah menjadi perang argumentasi, debat kusir, bahkan perkelahian yang berujung permusuhan. Seberapa sering anda sebagai seorang suami yang “jujur” menyatakan ketidaksukaan pada masakan istri dan cara berpakaian istri? Seberapa sering anda jika anda seorang suami yang awal mulanya pacaran dulu dapat berbicara dengan sangat mesra pada pacar anda, namun pada pernikahan tahun 3,4 atau 5 berubah menjadi suami sinis dan kasar secara verbal kepada istri, dan berikutnya muncul konflik dalam rumah tangga. Seberapa sering anda dimintai tolong teman, saudara atau atasan namun sebenarnya anda tidak suka, tetapi anda sulit untuk menolaknya?

Seringkali kita tidak menyadari penyebab utama konflik yang kita alami sendiri. Cara dan kemampuan kita berkomunikasi tanpa disadari ternyata menjadi penyebab utama munculnya konflik antar personal. Kesalahan dalam berkomunikasi menyebabkan tidak efektifnya komunikasi sehingga terjadi salah persepsi yang berujung pada konflik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline