Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Firewall dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Diperbarui: 11 Mei 2019   10:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: check point

Firewall adalah salah satu elemen perlindungan paling penting yang harus dimiliki pengguna untuk mencegah malware atau penyusup memasuki komputer dan jaringan mereka. 

Ini adalah garis pertahanan pertama melawan virus, Trojan, spyware, dll. Yang memungkinkan kita membatasi dan memblokir lalu lintas internet berdasarkan serangkaian aturan dan kriteria dasar.

Meskipun penting dalam pencegahan infeksi, infeksi ini juga diimplementasikan sebagai standar di sebagian besar sistem operasi modern dan bahkan router dan perangkat jaringan lainnya, karena kegunaan sebenarnya sering kali tersembunyi di balik terminologi yang hampir selalu kompleks yang digunakan, terutama bagi pengguna yang baru memulai di dunia internet dan ilmu komputer.

Namun, kenyataannya adalah bahwa ada banyak pengguna Linux yang berpikir bahwa tidak perlu mengambil langkah-langkah keamanan menggunakan Linux. Ya, kebenarannya adalah bahwa menurut sudut pandang saya, mereka salah besar.

Karena memang benar bahwa hampir tidak ada virus di Linux, jadi jika kita dapat mengatakan bahwa penggunaan antivirus saat ini praktis tidak diperlukan, tetapi dalam pandangan saya, ada tindakan pencegahan yang harus diterapkan di semua sistem operasi yang kita gunakan. 

Salah satu dari tindakan pencegahan ini adalah mengaktifkan firewall dan dikonfigurasi dengan benar. Sekarang banyak dari Anda mungkin bertanya-tanya apa itu Firewall, untuk apa?

Apakah saya membutuhkannya atau tidak? Jadi, jika Anda menghadapi situasi yang sama maka jangan khawatir karena di sini di posting penjelasan ini saya hanya akan menjelaskan kepada Anda segala sesuatu tentang Firewall.

Apa itu Firewall?

Firewall adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan kita untuk mengelola dan memfilter semua lalu lintas masuk dan keluar antara 2 jaringan atau komputer dalam jaringan yang sama.

Jika lalu lintas masuk atau keluar mematuhi serangkaian Peraturan yang dapat saya tentukan, lalu lintas dapat mengakses atau meninggalkan jaringan atau komputer saya tanpa batasan apa pun. Jika lalu lintas tidak mematuhi aturan, lalu lintas masuk atau keluar akan diblokir.

Oleh karena itu dari definisi tersebut, saya dapat memastikan bahwa dengan firewall yang dikonfigurasi dengan baik, saya dapat mencegah gangguan yang tidak diinginkan di jaringan dan komputer saya serta memblokir jenis lalu lintas keluar tertentu dari komputer saya atau jaringan saya juga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline