Lihat ke Halaman Asli

Lakukan Senam Kegel untuk Pencegahan Inkontinensia

Diperbarui: 1 Juni 2018   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.sinarharapan.net diakses pada 01 Juni 2018 13.05

Inkotinensia merupakan keadaan dimana seseorang tidak mampu menahan dan mengontrol  keluaran urine, sehingga bisa terjadi mengompol seperti yang kita kenal. Keadaan ini biasanya terjadi pada kondisi-kondisi tertentu semisal adanya cidera, dan juga pada kelompok tertentu, misalnya pada Lansia (Lanjut usia), yang mana mereka mengalami penurunan fisiologis fungsi  organ tubuh.

Kondisi ini bisa diatasi dan dikurangi intensitasnya diantaranya dengan adanya manajemen cairan input dan output, dengan manajemen lingkungan atau dengan cara meletakkan tempat tidur agar berdekatan dengan kamar mandi dan juga adanya Bladder Training.

Salah satu kegiatan Bladder training yaitu dengan mengontrol kencing, atau tidak menahan kencing dan juga latihan otat pangul atau senam kegel yang bertujuan agar otot dasar panggul menjadi lebih kuat dan uretra dapat tertutup dengan baik

Sumber gambar : www.tribunews .com diakses pada 01 Juni 2018 13.05

Project Based Learning (PJBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan telah dilaksanakan pada berbagai mata kuliah. Pada hari Kamis, 24 Mei 2018 mahasiswa reguler angkatan 2015 kelas A3 telah merampungkan kegiatan PJBL pada mata kuliah Keperawatan Perkemihan. Tema yang diangkat adalah "Penanganan Inkontinensia Urin sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat" di Balai Keputih Tegal Baru RT 07 RW 08. Kegiatan PJBL ini dihadiri oleh warga sekitar kurang lebih 40 orang.

Gambar : kegiatan penyuluhan pjbl pada 24 mei 2018 terhadap warga tentang materi linkontinensia urin

Kegiatan yang berlangsung berupa penyuluhan mengenai inkontinensia urin---penyebab dan cara penanganannya, serta diskusi tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan games "Mitos atau Fakta" dan terakhir telah dilaksanakan demonstrasi senam kegel kapada warga yang hadir.

Gambar : kegiatan penyuluhan pjbl pada 24 mei 2018 terhadap warga tentang materi linkontinensia urin

Meski dilaksanakan saat bulan puasa, namun antusiasme peserta sangat tinggi terhadap kegiatan ini. Hal tersebut dibuktikan dengan sesi diskusi yang cukup hidup. Acara dilanjutkan dengan Demonstrasi senam kegel secara bersama-sama dan kegiatan  PJBL ditutup dengan pemberian takjil terhadap warga.

Kegiatan ini  dilaksanakan guna melatih soft skill, cara berkomunikasi mahasiswa terhadap warga , dan mengadakan kegiatan sosial bersama warga . Diharapkan kegiatan ini akan memberikan manfaat promotif dan preventif kesehatan, baik untuk mahasiswa maupun warga yang telah hadir, mereka mampu memahami akan inkontinensia dan mampu menerapkan senam kegel di rumah sesuai demonstrasi yang telah kita laukan bersama-sama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline