Lihat ke Halaman Asli

Haryo Nurtiar

PNS Perpustakaan Nasional

Astra Otoparts, Apakah Bagus Perusahaannya dan Murah Harganya?

Diperbarui: 20 Mei 2024   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sebelumnya disclaimer dulu ya. Saya tidak memberikan saran untuk beli maupun jual saham. Saya hanya menjelaskan analisa saya. Keputusan jual atau beli, tanggung jawab sepenuhnya ada di tangan Anda. Dan biasakan lakukan analisa sendiri.

Astra Otoparts atau perusahaan dengan kode emiten AUTO merupakan grup perusahaan komponen otomotif terbesar di Indonesia. Perusahaan ini dimulai dari pendirian PT Alfa Delta Motor pada tahun 1976. Sejak pertama kali berdiri, perusahaan ini sudah berganti nama sebanyak 6 kali, hingga akhirnya menjadi PT Astra Otoparts Tbk sejak 1998.

Kegiatan usaha perusahaan ini berpusata pada manufaktur, perdagangan, dan jasa. Fokusnya adalah pada produksi dan distribusi suku cadang kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Segmen terbesar dari perusahaan ini adalah pabirkan otomotif dan juga pasar suku cadang pengganti. Sampai September 2023, tercatat banyak merek otomotif yang menjadi pelanggannya, sebut saja Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Toyota, Daihatsu, Nisan, Wulling, Hyundai, hingga Mercedes-Benz, dan juga perusahaan-perusahaan lainnya. Perusahaan ini memiliki 55 pabrik di Indonesia, serta 3 pabrik di Cina dan Vietnam.

Pangsa pasar Astra Otoparts ini bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga meluas ke lebih dari 50 negara. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki jaringan ritel yang cukup terkenal, yaitu Shop & Drive. Strategi Astra Otoparts dalam menjangkau langsung konsumen ritel, bukan hanya melalui Shop & Drive, tetapi juga melalui platform online, dan juga melalui Alfamart. Perusahaan ini kemungkinan akan semakin bertumbuh, karena selain menargetkan negara tujuan ekspor baru, juga mulai menambah fokus baru yaitu komponen kendaraan listrik. Dan seperti kita ketahui, kendaraan listrik saat ini sedang berkembang.

PT Astra Otoparts ini, pemegang saham terbesarnya adalah PT Astra Internasional sebanyak 80%, sedangkan 20% sisanya dimiliki oleh masyarakat.

Itu sedikit profil dari Astra Otoparts, berikutnya kita akan membahas mengenai fundamental dari perusahaan ini.

Dari screening cepat saya, perusahaan ini memenuhi kriteria awal perusahaan yang berfundamental baik Tentu saja, akan ada screening lanjutan. Beberapa kriteria dari screening cepat saya antara lain bahwa perusahaan ini tidak termasuk ke dalam papan pemantauan khusus. Harganya pun di atas 100 rupiah per lembar

Kemudian saham yang dimiliki oleh masyarakat juga kurang dari 50%. Dari sisi laba, perusahaan ini mengalami kenaikan laba dibandingkan periode sebelumnya. Operating cashflownya juga positif. Itulah beberapa kriteria cepat versi saya. Berikutnya kriteria fundamental lainnya dari perusahaan ini

Dilihat dari market capnya, Astra Otoparts memiliki market cap lebih dari 1 triliun. Berdasarkan laporan keuangan pada kuartal 1 tahun 2024, perusahaan ini memiliki ROE sebesar 12,6% dan NPM sebesar 10%. Sementara dari sisi hutangnya, rasio DER perusahaan ini adalah 0,35%.

Itulah tadi fundamental dari perusahaan Astra Otopart. Bagaimana dengan harga wajar perusahaan ini? Setelah saya hitung, maka harga wajar dari perusahaan ini adalah 3.958 rupiah per lembarnya. Dan dengan harga saat ini, bisa dikatakan perusahaan ini masih murah.

Itulah tadi analisa terhadap perusahaan Astra Otoparts. Silahkan anda analisa lebih lanjut, karena keputusan beli dan jual saham sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline