Lihat ke Halaman Asli

Happy Graduation Day

Diperbarui: 2 Mei 2020   01:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: florespost.co

17 juli 2017, adalah tanggal dimana waktu itu saya mengisi materi di hari pertama Masa Orientasi Peserta Didik Baru, kebetulan Keponakan Saya sendiri ikut sekolah di tempat saya mengajar. Masih terlihat sangat culun wajah mereka, hehehehe. Tidak terasa waktu terus berlalu, seakan tanpa saya sadari, wajah culun mereka sudah berubah menjadi guratan wajah yang lebih dewasa (dan berarti saya juga tambah tua, hehe).

Tiba waktu dimana mereka sudah duduk di kelas XII, dan itu tandanya mereka sudah mendekati waktu kelulusan mereka. Hari Rabu, tanggal 11 Maret 2020, saya terakhir mengajar di salah satu kelas (karena Saya Kamis dan Jum'at tidak ada jadwal mengajar), dan memberikan motivasi untuk terus belajar dan berusaha agar lulus dengan nilai yang baik, dan sekalian berpamitan (tapi gak pakai melow lho ya), dan sayapun tidak menyangka ternyata pada akhir pekan dinyatakan Kejadian Luar Biasa Corona (KLB COVID-19), untuk kemudian UNBK yang sedianya dilaksanakan 16-19 Maret 2020  akhirnya pun ditiadakan. Berselang 1 minggu, tepatnya 23 Maret 2020 diadakan USBN yang berakhir pada 30 MAret 2020, dan berlangsung dengan lancar, dan kemudian waktu terus berjalan, hingga diumumkan untuk pengumuman kelulusan diajukan dari 04 Mei 2020 menjadi 02 Mei 2020.

Dan tidak terasa, waktu tersebut telah hampir datang, meskipun ditengah pandemi COVID-19. Pihak lembaga pendidikan mulai menyiapkan teknis untuk pelaksanaan pengumuman kelulusan tersebut, yang jelas sekali tidak dilakukan seperti biasa, dan kalau di sekolah saya biasanya dilakukan di sekolah melalui acara wisuda, atau pengumuman di luar sekolah (untuk menghindari konvoi kelulusan). Apapun moda yang dipakai untuk pengumuman kelulusan, baik itu secara daring, maupun lewat paket, dan lain-lain, pastinya pihak lembaga pendidikan sudah mengambil keputusan yang terbaik bagi semua peserta didiknya. 

Semoga pelaksanaan pengumuman kelulusan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia berjalan lancar, dan tertib. Semoga pandemi COVID-19 segera berlalu, agar aktifitas dapat berjalan dengan normal. Dan bagi seluruh peserta didik di seluruh Indonesia, semoga mendapatkan manfaat yang baik dari ijasah yang didapatkan. Tetap semangat, tetap sehat, dan jangan lupa untuk tertib dan taat terhadap peraturan Pemerintah selama KLB COVID-19. 

Happy Graduation Day!!!

NB: Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya, mohon untuk dikoreksi, terima kasih

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline