Lihat ke Halaman Asli

Tyo Galang

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kenapa Selalu Taylor Swift?

Diperbarui: 10 Januari 2024   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber GettyImages

Buka Instagram pasti banyak yang pakai lagu Taylor Swift sebagai background music, buka TikTok  isi FYP banyak banget konten-konten tentang Taylor Swift, buka Twitter juga ada aja berita tentang Taylor Swift setiap harinya, bahkan sampai ada kelas yang belajar tentang Taylor Swift di Universitas terkemuka seperti Harvard. Mungkin tanpa disadari, kalian setiap harinya dengerin musik-musiknya mba Taylor ini entah itu diradio ataupun dari playlist. Kenapa Taylor Swift bisa sesukses itu? dan Kenapa juga banyak banget orang-orang yang suka sama penyanyi lagu All Too Well ini? Kenapa sih selalu Taylor Swift?

Walaupun sudah memulai karir musik nya sejak tahun 2006 lalu, karir Taylor Swift ini terus naik dari tahun ke tahun dan era ke era. Entah kamu adalah penggemar atau bukan, sulit untuk mencekal kesuksesan dan dampak yang telah diberikan sepanjang karirnya kepada industri musik. Dia memiliki ilmu tersendiri dalam meracik lagu-lagunya yang membuat jutaan orang terkesima dan merasakan hal yang sama melalui kata kata. Tahun 2023 adalah tahun yang sangat berarti bagi perjalanan panjang karir musik Taylor Swift, peraih penghargaan TIME Person of The Year 2023   menguasai stadion bola lintas Amerika Serikat, bioskop seluruh dunia, tangga lagu dan album seluruh dunia dan jejaring media sosial. 

TIME Photo by Inez & Vinoodh

Rangkaian 151 konser turnya bertajuk Taylor Swift: The Eras Tour dalam perjalanannya menjadi konser tur terbesar dalam sejarah musik, dengan estimasi pendapatan sebesar $1 billion hanya dari 60 rangkaian di benua Amerika menurut PollstarKarena tuntutan dan permintaan yang besar dari konser ini, Taylor Swift mengangkat konsernya ke layar lebar dan berhasil meraup keuntungan $260 million menurut BoxOfficeMojo dan menjadikannya konser film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Ditambah dominasinya dalam tangga lagu dan album yang berhasil mencetak dan menandingi rekor dari pendahulunya seperti Elvis Presley dan The Beatles.

Apa saja dasar dari kesuksesan Taylor Swift ini? Apa ilmu yang dia punya untuk mencapai semua ini? 

Untuk lebih baik memahami fenomena Taylor Swift ini tentu seharusnya untuk kita mendengarkan kreasinya dalam membuat lirik dan menjadikannya lagu yang enak didengar.

Taylor Swift selalu memperkenalkan dirinya sebagai penulis lagu, menulis lagu adalah kekuatan terbesar yang dia miliki sebagai musisi. Dalam menulis lagu terlihat sangat jelas fokus yang dia tuju, yaitu bagaimana lagu yang dia tulis terbayangkan oleh pendengarnya. Swift menggunakan liriknya sebagai gambaran dan menggunakan melodinya sebagai perasaan atau ekspresi. Lagu yang ditulis tidak jauh dari masalah percintaan dan kehidupannya, dan dia membuatnya menjadi bisa dirasakan oleh para pendengarnya. Dalam albumnya folklore dan evermore, Swift menunjukan dirinya bahwa lagu-lagu yang ditulis bisa saja bukan dari pengalaman pribadinya tetapi dari karakter yang dia buat ataupun pengalaman orang sekitarnya. 

Lagu-lagu yang menunjukan kekuatannya sebagai penulis lagu;

  • the last great american dynasty
  • All Too Well (10 minute version)
  • this is me trying
  • ivy
  • champagne problems
  • you're on your own, kid
  • tolerate it

Selain dari lagu-lagu nya salah satu alasan kenapa Taylor Swift sangat digemari karena ikatan sosial dan emosial dengan para penggemarnya. Dari lagu-lagunya yang berisikan tentang pengalaman hidup, itu membuat para penggemarnya terkoneksi dan merasakan hal sama dengannya lalu menjadikan mereka penggemar setia. Dengan lagu-Lagu yang dia tulis, Taylor Swift jarang melebelkan dirinya sebagai superstar ataupun penguasa dunia, dia hanyalah seorang gadis yang antara patah hati atau jatuh cinta, jadi secara logika dia hanyalah gadis biasa seperti para pendengarnya yang membedakannya hanyalah dia yang membuat musiknya. Dari persona yang dibangun, Taylor Swift berhasil menarik perhatian banyak orang dan memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia.  

Taylor Swift adalah seseorang yang inpirasional, yang membuatnya banyak dijadikan sebagai role model. Dia merupakan contoh yang baik dari seorang businesswoman, inspiratif dan bagaimana menjadi manusia secara umum. Taylor Swift merupakan salah satu public figure yang jauh dari kontroversi besar, dia terus berjalan dijalan yang bersih dan tidak pernah melewati batasnya.  Taylor Swift memiliki etos kerja yang baik, aksinya dalam merekam ulang enam album pertamanya merupakan bukti dari betapa cintanya dia dalam musik yang dia buat. 

Taylor Swift at Golden Globes 2023

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline