Lihat ke Halaman Asli

Tyo Budi

musisi

Festival Tarbiyah dalam Rangka HUT FTIK Unisnu Jepara

Diperbarui: 10 Juli 2023   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tahunan - Festival Tarbiyah atau yang dikenal dengan FESTAR merupakan suatu acara yang diadakan oleh salah satu ormawa yang ada di kampus UNISNU Jepara yaitu Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM). BEM sendiri merupakan organisasi yang berada dalam naungan fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Festival Tarbiyah diadakan dalam rangka memperingati hari lahir dari fakultas itu sendiri. Festival ini dilaksanakan kurang lebih selama tiga hari tepatnya pada tanggal 22 sampai 24 Juni 2023 di halaman gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan atau yang sering disebut gedung hijau.

Menurut Lubab, selaku gubernur dari BEM FTIK menjelaskan bahwasannya FESTAR diselenggarakan untuk memperingati hari resmi terbentuknya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dengan kegiatan yang bertemakan " Education dan Skill " , beliau sangat mengharapkan banyak mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam serangkaian acara tersebut. Dan benar saja banyak dari sebagian mahasiswa mengikuti perlombaan yang diadakan dalam festival tersebut seperti tilawatil Qur'an, duta tarbiyah, dan lomba-lomba lainnya.

Helma sulha, selaku ketua panitia acara festival tersebut mengatakan " acara festival ini merupakan puncak program kerja dari BEM FTIK. Maka dari itu, seluruh teman-teman yang berpartisipasi dalam acara ini terutama teman-teman dari panitia, mereka sangat  mau saling membantu dan bekerja-sama siang malam demi kelancaran acara ini. Dan saya tentunya juga sangat berterimakasih kepada seluruh media yang mau bekerja sama dengan BEM FTIK. Dengan adanya mereka semua, acara ini termasuk acara yang bisa dikatakan sukses.". Ujar beliau.

Banyak sekali hal menarik yang dapat dijumpai pada festival ini. Dimulai dari bazar UMKM yang menyediakan bermacam-macam makanan minuman, lomba-lomba internal dan eksternal, live music, dan puncak inagurasi yang diisi dengan pengajian.

Menurut Mahengga, salah satu pengunjung festival tarbiyah, ia berpendapat " saya suka berkunjung di festival ini, karna saya orangnya suka jajan dan kebetulan di sini ada bazar makanan UMKM yang bermacam-macam jadi tanpa pikir panjang saya langsung membeli makanan sana sini ". Ujar beliau.

Tak hanya itu, banyak juga mahasiswa dari fakultas lain yang ikut merayakan festival tersebut, sebagian ada yang sekedar membeli makanan di stand-stand UMKM, mengikuti lomba, dan yang lain menikmati acara yang sedang berlangsung. Menurut zaki selaku pengunjung dari fakultas lain, "festival ini sangat menarik terutama pada runtutan acara nya yang dibuka dengan berbagai macam perlombaan dan ditutup dengan pengajian. Sembari menunggu puncak acara saya dan teman-teman sering mengunjungi stand-stand UMKM untuk membeli berbagai macam makanan." Ucap zaki.

Jadi FESTAR bukanlah sekedar festival biasa. Namun, festar merupakan acara festival yang sangat berkesan bagi seluruh mahasiswa UNISNU karena hanya setahun sekali diadakan dan pelaksanaan acaranya juga tidak setengah-setengah. Acara yang menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa untuk menyalurkan bakat mereka melalui ajang perlombaan yang diselenggarakan. Selain itu, festival ini mengadakan pengajian dan sholawat berjamaah yang membuat masyarakat luar ikut mengapresiasi dan merayakan acara festar ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline