Lihat ke Halaman Asli

Tyas Ramadhini

Universitas Airlangga

Seberapa Penting Sih untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Kita?

Diperbarui: 23 Juni 2022   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Selain wajah, kecantikan gigi juga merupakan hal terpenting kedua untuk memberikan first impression yang bagus kepada orang-orang yang melihat kita. Namun, seringkali kesehatan gigi dan mulut ini dianggap sepele dan tidak penting untuk sebagian orang. Jadi sebenarnya kesehatan gigi dan mulut itu penting ga si?  Apa ga penting ya karena kan kita pake masker jadi orang juga gabakal liat. Masa iya mau pake masker terus? Kesehatan gigi dan muut ini bukan hanya untuk kecantikan ya tapi juga untuk kesehatan diri sendiri. Maka dari itu, yuk simak artikel ini ya untuk tau seberapa penting menjaga kesehatan gigi dan mulut kita.

Kesehatan gigi dan mulut harus selalu dijaga, keduanya memegang peranan penting dalam kesehatan secara umum. Jika kesehatan gigi dan mulut tidak dijaga, maka akan meningkatkan risiko penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Mulut dan gigi merupakan bagian tubuh pertama yang menerima makanan dan cairan dan juga merupakan salah satu organ yang terlibat dalam proses pencernaan. Ketika seseorang menelan makanan atau minuman tertentu, makanan atau minuman tersebut terlebih dahulu dimakan sebelum keduanya ditelan. Bahkan setelah tertelan, ia tetap berada di dalam mulut. Zat yang mengendap mungkin mengandung bakteri dan kotoran. Biasanya, pertahanan alami tubuh dan kebersihan mulut yang baik dapat menjauhkan bakteri. Namun, ketika bakteri dan kotoran mengendap, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit dan gejala tertentu.

Rongga mulut merupakan tempat berkembang biaknya segala jenis bakteri, virus dan jamur. Beberapa di antaranya sudah ada dan membentuk flora normal rongga mulut. Mereka umumnya tidak berbahaya dalam jumlah kecil. Namun, diet tinggi karbohidrat menciptakan kondisi di mana bakteri penghasil asam dapat tumbuh. Asam ini menyerang email gigi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi. Bakteri di dekat gusi juga bisa berkembang menjadi plak. Plak dapat menumpuk, mengeras, dan bergerak di sepanjang gigi jika tidak dibersihkan secara teratur. Ini dapat mengobarkan gusi dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai periodontitis. Peradangan yang parah dapat menyebabkan gusi terpisah dari gigi. Proses ini menciptakan kantong untuk nanah yang akhirnya terkumpul. Penyakit periodontal stadium lanjut ini disebut periodontitis.

Ada beberapa contoh penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bau mulut dan kebersihan gigi yang buruk yaitu :

1. Halitosis (Halitosis)

Halitosis adalah bau mulut yang berlangsung lama. Bahkan jika Anda makan permen, gunakan obat kumur atau sikat gigi. Bau mulut umumnya disebabkan oleh penggunaan rokok, sisa makanan yang tidak bersih di dalam mulut, rasa haus, gigi yang kotor, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

2. Karies

Karies adalah kerusakan permanen pada struktur gigi yang disebabkan oleh karies. Karies terbentuk oleh bakteri yang menyebabkan warna hitam. Penyebab utamanya adalah kotoran pada gigi Anda, dikarenakan Anda jarang menyikat gigi dan plak menumpuk. Plak yang tidak dirawat berubah menjadi gigi berlubang dan menyebabkan gigi berlubang.

3. Abses gigi

Abses gigi adalah karies yang berisi nanah patologis yang disebabkan oleh infeksi campuran bakteri. Abses gigi adalah infeksi purulen akut yang terjadi pada apeks gigi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri dari gigi yang terinfeksi di rahang atas dan rahang bawah.

4. Tartar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline