Lihat ke Halaman Asli

Tyas Maulita

Penulis Konten

Kiat-Kiat Jitu Mengembangkan Usaha Melalui Marketplace Grosiran

Diperbarui: 23 Maret 2022   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belanja Grosiran Kini Tak Harus Blusukan (Gambar: Unsplash.com/Andhika Y Wiguna)

Setiap pemilik usaha pasti ingin usahanya berkembang. Pengembangan usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mencari pasokan produk untuk dijual, menambah modal, memperluas promosi, dan menambah jaringan penjualan. Dulu, kegiatan tersebut hanya dapat dilakukan secara langsung. Misalnya, keluar masuk pasar atau pabrik untuk mencari pasokan barang dan membagi selebaran untuk mempromosikan usaha.

Namun, kini ada sebuah platform yang menyediakan seluruh sarana pengembangan usaha hanya dari ujung jari yaitu marketplace grosiran. Supaya lebih mengenal marketplace grosiran yang ideal serta bagaimana cara memaksimalkannya untuk bisnis Anda, simak artikel ini.

Apa Itu Marketplace Grosiran?

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku ataupun barang untuk dijual kembali, tentu Anda memilih membeli dalam partai besar. Pembelian dalam jumlah besar biasanya juga dilakukan oleh pedagang yang mengambil produk langsung dari produsen. Nah, merekalah yang disebut dengan pedagang grosir.

Adapun yang dimaksud dengan marketplace yaitu sebuah platform yang dibuat untuk mempertemukan pembeli dan penjual. Di dalamnya penjual dapat membuka toko sendiri untuk berjualan produk mereka dengan mengikuti syarat dan ketentuan dari marketplace tersebut.

Tak hanya di pasar atau toko fisik, kini para pedagang grosir juga sudah mulai memanfaatkan marketplace grosiran. Berbeda dengan marketplace biasa yang lebih cenderung menyediakan barang untuk diperjualbelikan secara eceran, marketplace grosiran memungkinkan pembeli mendapatkan barang dalam jumlah banyak dengan harga grosir. Dengan memanfaatkan marketplace grosiran, Anda tak harus datang langsung ke toko grosir, melainkan langsung memesan dari aplikasi marketplace tersebut di ponsel Anda.

Kriteria Marketplace Grosiran yang Mendukung Pengembangan Usaha

Marketplace grosiran yang mampu membawa usaha Anda berkembang tentu bukan yang hanya mengalihkan jual beli dari konvensional ke digital melainkan juga memahami kebutuhan penggunanya. Sebagai pengusaha, tentu Anda memerlukan marketplace grosiran yang mampu mendukung pengembangan usaha. 

Berikut ini beberapa kriteria marketplace grosiran yang ideal untuk mengembangkan usaha.

1. Mampu Memberikan Pilihan Rekomendasi Produk

Marketplace ibarat pasar yang luasnya tak terbatas dengan pilihan produk beragam. Agar tidak kesulitan menemukan barang yang dicari, pilihlah marketplace yang memberikan pilihan rekomendasi produk. Dengan begitu, hanya produk dalam kategori yang dipilih saja yang akan muncul sehingga Anda pun tidak terganggu dengan banyaknya pilihan produk yang muncul tetapi tidak relevan dengan kebutuhan.

2. Memberikan Fasilitas untuk Pengembangan Diri Pengusaha

Dunia pemasaran di era digital ini cepat sekali mengalami perubahan, sehingga pelaku usaha harus selalu siap untuk belajar. Marketplace grosiran terbaik tentu memahami hal ini sehingga menyediakan berbagai bentuk layanan untuk belajar. Contohnya seperti artikel berisi tips dan trik berbisnis, kisah sukses, dan video panduan dari para ahli di bidangnya. Menjadi pengguna aplikasi marketplace ini, Anda pun dapat menginvestasikan waktu demi mendapatkan keterampilan penunjang supaya usaha Anda berkembang.

3. Memiliki Forum Diskusi Pengguna

Mengembangkan jaringan di kalangan sesama pengusaha di bidang yang sama adalah salah satu cara tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat bertemu dan berdiskusi dengan pelaku usaha sejenis di forum diskusi. Anda juga dapat membuat forum diskusi sendiri.

4. Menyediakan Produk Digital Pendukung Bisnis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline