Warung sate kok punya Instagram? Canggih bener!
Itu yang ada di pikiran saya ketika tahu ada warung sate punya Instagram. Kalau kita bicara tentang restoran atau caf, sangatlah wajar ketika bisnis tersebut punya Instagram. Tapi ini kok warung sate punya Instagram?
Terlebih lagi isi Instagram-nya sangat ditata, layaknya konten anak muda. Bukan sekadar foto makanan atau repost dari pelanggan. Kalau penasaran, bisa cek Instagram Sate Ratu di @sateratu.
Rasa penasaran saya membawa saya berbincang dengan owner Sate Ratu, Budi Seputro. Jujur, saya pun tahu warung sate ini dari Instagram. Sebab beberapa waktu lalu, warung sate ini viral di Instagram dan malang melintang sebagai tempat makan yang harus dikunjungi saat ke Yogyakarta. Budi senang hati menjawab pertanyaan saya dan mengulik kenapa warung sate ini memiliki Instagram yang cukup ciamik.
Penting tidak punya Instagram?
Di zaman sekarang, punya Instagram untuk bisnis adalah suatu kewajiban, terutama untuk bisnis kuliner. Rasa memang yang utama, tapi jangan lupakan promosi dan exposure bisnis kita ke target marketing. Punya Instagram akun bisnis menjadi sangat penting, apalagi sekarang social media menjadi rujukan orang-orang terutama anak muda untuk mencari referensi kuliner.
Tujuan punya Instagram?
Selain menjadi rujukan orang untuk mencari rekomendasi kuliner, Sate Ratu menyajikan informasi lengkap di Instagram ini. Jadi, orang bisa mengecek terlebih dahulu tentang Sate Ratu, mulai dari lokasi, suasana tempat, menu hingga harganya.
Konten buat sendiri atau bekerja sama dengan pihak ketiga?
Saat ini, konten dibuat oleh Sate Ratu sendiri. Saya juga meng-hire admin untuk bantu posting di Instagram. Tapi sebagian besar Instagram dipegang oleh saya. Yang balas comment dan DM di Instagram juga saya.
Apakah memang strategi Sate Ratu untuk branding di Instagram?
Kalau dibilang strategi, bisa jadi. Kalau zaman dahulu, orang tahu makanan enak lewat word of mouth. Zaman sekarang orang tahu makanan enak dari Instagram. Walaupun resep Sate Ratu otentik, tapi kami tidak mau ketinggalan zaman. Ketika semua orang mulai bermain media sosial, Sate Ratu melihat hal tersebut sebagai peluang yang bagus dan menjadikan Instagram Sate Ratu sebagai strategi marketing.