Lihat ke Halaman Asli

tyas cahya

Mahasiswa UIN Walisongo

Pentingnya Menjaga Tubuh Walaupun di Rumah Saja

Diperbarui: 18 November 2021   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 membuat kita lebih banyak beraktifitas dirumah saja, mulai dari bekerja, belajar, hingga beribadah. Kegiatan tersebut dilakukan agar terhindarnya virus covid-19, meskipun juga dapat dilakukan dengan penggunaan masker, mencuci tangan, memakai handsanitizer, serta berjaga jarak. 

Dalam keadaan seperti sekarang yaitu adanya pandemi covid-19, menjaga tubuh walaupun dirumah saja merupakan hal yang sangat penting. 

Maka dari itu menjaga pola hidup yang sehat, akan bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat menjaga tubuh walaupun dirumah saja merupakah untuk meningkatkan imun pada tubuh sehingga dapat mencegah penyakit masuk kedalam tubuh, termasuk virus covid-19. Cara kerja imun bagi tubuh ada 3 fungsi yaitu, fungsi pertahanan, fungsi pengawasan, dan fungsi hemostasis.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh walaupun dirumah saja yaitu :

  • Memiliki pikiran yang positif
  • Dengan berfikir positif, maka hati kita akan terasa tentram dan mampu mengalahkan berbagai macam penyakit termasuk ketika sedang dalam tekanan.
  • Perbaikan waktu tidur
  • Faktanya, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar dapat kembali segar dan mampu menjalani aktifitas dengan seharusnya.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi
  • Manusia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda karena faktor tertentu, yaitu usia, jenis kelamin, serta aktifitas berbeda yang sering kita lakukan.
  • Berolahraga
  • Melakukan olahraga meskipn dirumah saja justru membuat tubuh tetap fit dan sehat.

Adapun anjuran vaksinasi dari Pemerintah yang membuat imun menjadi kuat. Namun, meskipun sudah divaksin masyarakat tetap tidak boleh lengah Tetap memakai masker, berjaga jarak, mencuci tangan ataupun memakia handsanitizer. Selama dirumah saja, kita harus tetap menajga daya tahan tubuh agar tetap sehat dengan menjaga pola makan yang sehat. 

Tidak ada makanan ataupun suplemen makanan yang bisa mencegah infeksi covid-19 . namun bisa dicegah dengan menjaga system kekebalan tubuh dengan menjaga pola makan yang sehat. 

Asupan  nutrisi yang baik juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes serta beberapa jenis kanker. Pada umumnya, kita dianjurkan untuk minum 8 gelas air atau sekitar 2 liter per hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline