Pelajaran fisika merupakan pelajaran yang dikenal sebagai pelajaran yang killer bagi sebagian orang, sebab apabila kita tidak memahami dari awal(basic concept) maka kedepannya kita akan semakin berat memahami, karena setiap materi dalam pelajaran fisika saling berurutan dan dan saling berhubungan . Pelajaran fisika sulit untuk dipahami karena mungkin pelajaran fisika memuat banyak perhitungan yang kurang familiar bagi saya atau sebagian siswa. Pelajaran fisika memang bersifat kuantitatif dimana diperlukan perhitungan matematis sebagai sarana pemahaman atas berbagai fenomena fisis.
Bagi saya faktor kurangnya penguasaan dalam pelajaran fisika bukan hanya dari kemalasan siswa, tetapi juga tergantung pada jenis setiap bab yang dirasa agak sulit bahkan sangat sulit untuk di pahami. Selain itu faktor guru pengajar juga mempengaruhi kesuksesan dalam memahami pelajaran fisika, kita harus berani mengakui bahwa guru berperan besar dalam menjadikan pelajaran fisika sulit dan tidak menarik minat siswa untuk mempelajarinya, jika siswa diajar oleh guru yang asyik, dimana tidak semua pelajaran dibuat serius tetapi juga diselingi cerita ataupun joke otomatis juga sangat mempengaruhi kenyamanan serta kemudahan dalam mempelajari suatu bab dalam fisika. pelajaran sesulit apapun jika guru yang mengajar sudah kita senangi dalam arti kita merasa mudah memahami pelajaran jika diterangkan guru tersebut, maka otomatis siswa akan semangat belajar fisika. Sebaliknya jika guru pengajar tarmasuk dalam kategori guru yang kurang disenangi oleh siswa, maka sudah pasti siswa juga kurang menyenangi pelajaran yang diampu guru tersebut, sehingga siswa kurang memahami materi.
Sesuai yang saya alami, kurangnya belajar dan latihan soal juga sangat mempengaruhi penguasaan pelajaran fisika sebagian siswa, karena dengan adanya latihan maka akan semakin terbiasa kita menghadapi soal-soal. Terkadang faktor ketakutan bertanya kepada guru juga berdampak negatif dalam penguasaan pelajaran fisika, sangat jarang seorang siswa mau bertanya jika belum memahami apa yang disampaikan guru. Saya juga sering merasa sungkan bertanya jika terdapat kejanggalan dalam pelajaran yang sedang dibahas. Banyaknya penurunan rumus yang sulit dimengerti dan dipahami juga saya rasakan, ketika mempelajari pelajaran fisika. Padahal jika kita tahu, bahwa setiap rumus itu memiliki basic consept yang harus dipahami terlebiih dahulu, setelah itu dipahami maka selanjutnya kita tinggal mengikuti sesuai basic consept yang kita pahami dan semua itu akan terasa mudah. Mungkin siswa kurang memahami basic consept suatu bab palajaran fisika, sehingga pelajran fisika terasa sulit bagi saya ataupun sebagian siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H