Lihat ke Halaman Asli

Agama Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental

Diperbarui: 31 Januari 2023   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama     : Tyas Ayu Putri 

NIM        : 202210410311362

Jurusan : Farmasi

Ilustrasi berdoa (sumber: https://pixabay.com/id/)

Diketahui bahwa sebagian besar masyarakat di dunia memiliki agamanya masing-masing, termasuk di Indonesia. Agama merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai cara untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, agama juga baik untuk kesehatan kita. Islam sebagai agama yang sempurna dan lengkap sangat memperhatikan masalah kesehatan. 

Kesehatan merupakan salah satu nikmat terbesar yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya.  Ibadah tidak lepas dari unsur kesehatan, nikmat terbesar Allah SWT adalah kesehatan. 

Tanpa kesehatan fisik dan mental, seseorang tidak dapat melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu, perlu mensyukuri nikmat kesembuhan yang telah Allah berikan agar karunia yang diberikan semakin bertambah. Agama selalu mengatur semua aspek kehidupan, seperti ibadah, kebiasaan makan yang sehat, puasa, hal-hal kecil sehari-hari seperti berpakaian, memakai sandal, keluar rumah, dll.  

Agama memainkan peran penting dalam kehidupan dan pengalaman manusia. Agama juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Karena agama dapat meningkatkan rasa kebersamaan, memberikan dukungan dan orientasi. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa agama dapat membantu orang membentuk kebiasaan yang sehat, mengatur perilakunya, dan memahami emosinya, semua faktor yang dapat memengaruhi kesehatan.

Inilah peran agama dalam kaitannya dengan kesehatan fisik dan mental.

Agama dan Kesehatan Fisik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline