Lihat ke Halaman Asli

Aditya Octaviana

Fulltime learner, part-time dreamer.

Cara Memperkenalkan Dunia Investasi kepada Anak Remaja

Diperbarui: 27 Oktober 2022   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Freepik.com

Kita pasti tahu betul bahwa selama sekolah, literasi keuangan jarang sekali diperkenalkan kepada anak-anak. Mereka hanya tahu bahwa jika ada uang lebih sebaiknya ditabung, entah dengan cara tradisional, maupun konvensional. 

Menabung sebenarnya adalah kegiatan yang positif. Dengan menabung, anak jadi lebih bisa menghargai apa nilai dari uang. Selain itu, anak juga jadi lebih menghargai proses bagaimana bisa mendapatkan uang. Namun sayangnya, menabung saja tidak cukup untuk menggapai asa. 

Jika kamu memiliki saudara, kerabat, atau bahkan anak. Yuk, mulai perkenalkan dunia investasi kepada mereka. Tujuannya agar mereka sadar bahwa mengelola uang tidak hanya sekadar menabung saja, tapi uang juga harus dikelola agar bisa menghasilkan passive income. 

Bagaimana caranya? Yuk, langsung simak saja di bawah ini!

1. Jelaskan Perbedaan Menabung dan Investasi 

Menabung memang hal yang baik untuk dilakukan. Namun, sebagai orang yang lebih berpengalaman, kita juga wajib memperkenalkan pentingnya investasi untuk membuat uang bisa berkembang dari waktu ke waktu. 

2. Jelaskan Konsep Investasi dengan Cara yang Unik dan Mudah Dimengerti 

Investasi tak hanya sekadar meletakkan uang pada suatu instrumen. Tapi, bagaimana membuat uang yang kita letakkan bisa tumbuh dan bisa digunakan untuk merancang masa depan. 

Nah, agar bayangan investasi terlihat menyenangkan di mata para remaja, kamu sebaiknya rancang materi khusus yang unik agar anak-anak remaja merasa penasaran dan ingin mengulik lebih dalam lagi seputar dunia investasi. 

3. Jelaskan Pentingnya Portfolio Investasi dan Diversifikasi 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline