Kehidupan masyarakat yang damai dan tentram adalah tujuan setiap orang. Kehidupan masyarakat yang damai dan tentram akan tercipta apabila kondisi di setiap aspek di dalam masyarakat itu dalam kondisi yang kondusif. Kondisi yang kondusif maksudnya dimana kondisi masyarakat bebas dari ancaman, bebas dari rasa takut, tidak terjadi konflik, suasana masyarakat tertib dan aman. Kondisi masyarakat yang kondusif sewaktu -- waktu dapat terganggu apabila salah satu komponen masyarakat membuat kekacauan. Berita bohong yang tidak jelas sumbernya adalah salah satu faktor yang dapat merusak integritas kenyamanan kehidupan di dalam lingkungan masyarakat. Kondisi masyarakat Indonesia yang beranekaragam sasaran empuk bagi penyebar berita bohong. Oleh karena itu perlu adanya "Pendidikan Anti Hoax".
Pendidikan Anti Hoax dapat diberikan tidak hanya melalui pendidikan formal semata, namun dapat diimplementasikan melalui pendidikan informal maupun pendidikan nonformal. Keluarga sebagai pendidikan pertama sekaligus sebagai pendidikan informal bagi peserta didik sangat berperan penting dalam pendidikan anti hoax. Sebagia salah satu pilar pendidikan, keluarga beserta pola didiknya sangat berpengaruh terhadap pola perkembangan peserta didik. Sekolah sebagai pendidikan formal berperan dalam memantapkan pendidikan yang telah diberikan keluarga dengan didasari ilmu pengetahuan. Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan sehingga mampu mencetak para penerus bangsa yang berkarakter serta berbudi pekerti luhur.
Hoaxadalah berita bohong yang bertujuan mendiskreditkan individu atau kelompok. Hoaxdapat meresahkan masyarakat oleh sebab itu harus diperangi karena mengganggu ketentraman dalam hidup bermasyarakat. Dampak negatif hoaxyang dianggap kebenaran oleh individu atau kelompok tidak saja membuat retaknya hubungan individu, komunitas, bangsa, tetapi bahkan bisa menimbulkan perang antarbangsa. Hoaxdapat menyebabkan konflik sosial dalam masyarakat yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.
Hoaxcenderung berisi berita tentang ekstrimisme dan diskriminasi. Ekstrimisme meranah pada kebencian dan diskriminasi meranah pada membahas perbedaan sehingga dapat menimbulkan konflik SARA. Masyarakat yang mudah percaya dengan berita bohong akan mudah menyebarkan hoax tersebut ke media sosial sehingga hoaxmenjadi viral. Sebaiknya masyarakat tidak mudah mempercayai berita bohong karena penyebar berita bohong sama halnya dengan pembuat berita bohong tersebut, maka dari itu secara hukum memiliki sanksi hukum yang sama. Sebelum mempercayai dan menyebarkan berita bohong, masyarakat harus mencari kebenaran berita tersebut dan harus memikirkan dampak dari pemberitaan tersebut. Hoaxharus ditangkal dan harus diperangi karena dapat mengancam keutuhan NKRI.
Sebelum kita mempercayai sebuah berita hoax, kita harus tahu ciri -- ciri berita yang mengarah berita bohong atau hoax. Ciri -- ciri hoax : begitu disebar berita tersebut akan menimbulkan keresahan dan kecemasan masyarakat, pemaparan hoax cenderung bersifat persuasif mengarah kebencian, sumber kebenaran berita bohong tidak jelas, isi berita bohong itu tidak proporsional, bersifat fanatik berkedok ideologi.
Budaya literasi saat ini merupakan salah satu program pemerintah di ranah pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Literasi tidak sekedar melek baca saja namun bermakna komprehensif. Budaya baca bagi sebagian masyarakat merupakan hal yang sudah menjadi pembiasaan, namun tidak juga bagi kelompok masyarakat yang lain. Sebagian kecil masyarakat membaca merupakan kebutuhan. Jenis bacaan dapat berupa media cetak maupun media elektronik. Jenis bacaan media cetak dapat berupa koran, surat kabar, tabloid mapun majalah. Jenis bacaan media elektronik di era digital seperti saat ini merupakan hal yang pandang lebih praktis dalam memperoleh informasi dengan cepat.
Kehadiran e-book memudahkan kita dalam membaca tanpa harus membawa setumpuk kertas, cukup dengan sebuah smartphone digenggaman kita dapat mengakses e-book melalui media dalam jaringan (daring) yaitu internet. Literasi tidak sebatas pada budaya baca namun meranah pada beberapa aspek, antara lain : Literasi Dasar, yaitu kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung. Dalam literasi dasar, kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan, mempersepsikan informasi, mengkomunikasikan, serta menggambarkan informasi berdasar pemahaman dan pengambilan kesimpulan pribadi. Literasi Perpustakaan, yaitu kemampuan lanjutan untuk bisa mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada.
Pada dasarnya literasi perpustakaan, antara lain, memberikan pemahaman cara membedakan bacaan fiksi dan nonfiksi,memahami penggunaan katalog dan pengindeksan, hingga memiliki pengetahuan dalam memahami informasi ketika sedang menyelesaikan sebuah tulisan, penelitian, pekerjaan, atau mengatasi masalah. Literasi Media, yaitu kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet), dan memahami tujuan penggunaannya. Kita belum terlalu jauh memanfaatkan media sebagai alat untuk pemenuhan informasi tentang pengetahuan dan memberikan persepsi positif dalam menambah pengetahuan. Literasi Teknologi , yaitu kemampuan memahami kelengkapan yang mengikuti teknologi seperti peranti keras (hardware), peranti lunak (software), serta etika dan etiket dalam memanfaatkan teknologi. Berikutnya, dapat memahami teknologi untuk mencetak, mempresentasikan, dan mengakses internet.
Dalam usaha memerangi dan menangkal isu -- isu yang mengarah ke berita hoax, diperlukan strategi berupa program yang membangun pendidikan agar masyarakat lebih berpikir kritis dalam mencerna informasi yang diterima salah satunya melalui pendidikan literasi. Hal ini sangat penting agar peserta didik mampu menyaring berbagai berita hoax.
Pendidikan literasi tidak serta merta hanya mengajak peserta didik untuk membaca dan menulis mengenai bahan -bahan yang sudah diajarkan, namun harus dikolaborasikan dengan ketrerampilan kerangka berpikir kritis dan logis bagi peserta didik dengan kegiatan membaca, menelaah, dan menulis. Tiga hal terkait pendidikan literasi yang harus dilakukan, Pertama, membangun budaya pembelajaran kritis di sekolah. Peserta didik tidak boleh hanya pasif membaca dan menulis tanpa berpikir, namun harus diimbangi dengan kegiatan diskusi, kerja kelompok, memecahkan masalah, dan membangun sikap kritis terhadap berbagai isu yang tengah berkembang saat ini.
Kedua, kegiatan pembelajaran harus didampingi dengan guru kreatif dan melek informasi. Penyampaian substansi materi pembelajaran yang disajikan oleh guru harus aktif, kreatif, dan kritis. Guru harus mampu mengajak peserta didik untuk membaca sebuah realitas, berpikir kritis, hingga menemukan problem solving atas persoalan tersebut. Selain itu, materi pembelajaran juga harus didesain menarik dengan mengaitkan pada isu-isu yang tengah berkembang sekarang ini. Ketiga, meningkatkan pengawasan orang tua terhadap anak. Terlebih lagi bagi orang tua yang sibuk dengan rutinitas di kantor.