TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.1
"Pemikiran Ki Hajar Dewantara Pendidikan Yang Berpihak Pada Murid"
DISUSUN OLEH:
TWENTY AGES TWIJAYANTI, S.Pd
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 9
2023
Tujuan Pembelajaran:
yakni mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran Ki Hajar Dewantara yakni " Pendidikan yang Berpihak Pada Murid"
Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan diantaranya adalah:
Pendidikan berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman
Pendidikan berpusat atau berpihak pada siswa, kita sebagai pendidik harus bisa "menghamba" pada siswa
Pelaksanaan pendidikan mengedapankan sistem among yakni sistem pendidikan yang
mengutamakan sisi manusisa secara utuh dengan mengedapankan memberikan tuntunan bagi anak-anak
Dalam demontrasi kontekstual modul ini saya mendesain strategi dalam perwujudan pemikiran Ki Hajar Dewantara " Pendidikan yang Berpihak pada Murid" dalam sebuah karya puisi yang berjudul " Ternyata Aku Keliru"
Dalam puisi yang berjudul "Ternyata Aku Keliru" berisikan tentang kesalahan saya sebagai seorang guru sebelum mengerti dan memahami pemikiran tentang pendidikan yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara, yang menjadikan diri saya sebagai actor utama dalam proses pembelajaran, kemudian abai tentang apa yang diinginkan dan yang dimiliki oleh semua siswa dengan menganggp semua siswa sama dan semua siswa tidak bisa. Menjadi paham bahwa siswa berhak belajar sesuai dengan kodratnya yakni kodrat alam dan kodrat zaman, siswa diberikan tuntun bukan dituntut.
" TERNYATA AKU KELIRU"
Dulu aku berfikir
Kalian adalah objek yang aku punya
Yang aku ibaratkan seperti kertas Putih bersih kosong tak ada apa-apa
Kalian aku perlakukan semauku
Kalian tak berhak meminta apapun itu
Kelas adalah dunia ciptaanku
Dan Kalian adalah robot yang siap sedia
Kalian berjalan dengan arahan
Kalian berlari karena kejaran
Kupaksa kalian kuasai yang aku tugasi
Kupaksa kalian suka dengan yang aku suguhkan