Lihat ke Halaman Asli

Tu Yuda

Belajar adalah sebuah proses perjalanan

Belajar Kesetiaan dari Daun kepada Pohon

Diperbarui: 28 Februari 2022   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi daun sumber: https/pixabay.com

Ketika memandang sebuah pohon dengan daun yang begitu rindang, berwarna hijau dan dibawahnya begitu banyak mahluk untuk berteduh, kata yang dapat mewakilinya mungkin adalah kagum.


Kagum itu seketika muncul , karena pohon itu memberikan perlindungan kepada mereka yang membutuhkan, begitu juga mampu memberikan kesejukan.


Bagaimana kalau pohon tidak memiliki daun sama sekali, sudah pasti jawabanya adalah kebalikan dari situasi yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan kondisi tersebut, saya memandang ukuran diri sendiri tentang apa yang sudah atau mungkin saya lakukan agar lebih produktif dan memberi manfaat dalam berkarya atau dalam keseharian.

Melihat pohon, sayapun berandai- andai, ketika diberikan pilihan antara menjadi daun atau pohon, untuk saat ini saya lebih memilih menjadi daun, kenapa?

Daun pada setiap pohon, tidak hanya memberikan kehidupan,namun juga mampu memberikan harapan. Maka tidak salah bila kebanyakan dari kita,sering meluangkan waktu untuk menikmati hamparan hijau di alam terbuka.

 Seperti kawasan puncak, atau sebuah taman. Mengapa demikian, karena di tempat- tempat tersebut,dedaunan hijau bisa dijumpai, yang dapat menyegarkan mata serta pikiran.

Daun yang tumbuh pada sebuah pohon, dapat diartikan sebagai nilai kesetiaan dan tulus apa asanya, hal itu dikarenakan, begitu daun tumbuh dengan tunas kecilnya, setiap helai daun akan mampu tumbuh rimbun dengan sendirinya, melalui proses fotosintesis yang kemudian memberikan manfaat terhadap pertumbuhan pohon.

Dari sanalah saya melihat bahwa, daun memegang sebuah peran sebagai simbol kebahagiaan dari pohon. Seiring waktu daun akan tumbuh subur dan lebat, tentunya kehidupan pohon akan semakin produktif.

Di Samping itu daun mampu memberikan keteduhan, dari hal tersebut saya melihat bahwa , kebermanfaatan daun sama halnya dengan bagaimana kita bisa berkontribusi sehingga orang lain merasakan manfaat dan ingin melakukan hal yang sama seperti apa yang telah kita lakukan  sebelumnya.

Selanjutnya , dari sehelai daun saya melihat bagaimana cara kita berlatih untuk menyesuaikan diri dengan situasi disekitar. Misalnya , begitu memasuki musim kemarau, daun - daun akan berguguran, hal ini terjadi untuk tetap menjaga air tanah agar tidak menguap. Sehingga pohon atau tanaman tetap bisa hidup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline