Lihat ke Halaman Asli

Syafiatuddiniah (Tuty Queen)

Virtual Assistant | Founder Canva Creative Class | Kreator Pinterest Indonesia

Motivasi agar UMKM Naik Kelas

Diperbarui: 16 Desember 2022   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto : Canva

Memilih menjalankan usaha bisa jadi karena kebutuhan juga adanya kesempatan dan melihat peluang untuk bisa mendapatkan uang untuk keluarga. Inilah yang mendasari mengapa banyak orang melakukan usaha dengan berjualan. Mulai menjual barang ataupun menjual jasa. Tidak semua usaha yang dijalankan langsung menjadi besar, pasti selalu dimulai dari kecil. Tentunya untuk menjalankan sebuah usaha memerlukan alasan paling kuat untuk bisa memulainya.

Untuk memulai suatu usaha itu pasti banyak pertimbangannya. Memerlukan motivasi besar dan keinginan yang kuat. Setelah berani memulai selanjutnya adalah cerdik dalam mengelola. Disini berproses pada fokus usaha adalah sesuatu yang sangat penting. Mengenali model bisnis dan manajemen keuangan menjadi dua kekuatan dalam menjalan usaha, walaupun masih banyak faktor lainnya yang mesti dikuasai. Namun dua hal tadi adalah sesuatu yang sangat perlu dipahami. Sehingga dalam menjalankan usaha memiliki sikap dan keputusan yang jelas untuk mengeksekusi tantangan usahanya.

Tantangan usaha seperti UMKM problemnya sangat mendasar sekali. Beberapa tantangan tersebut adalah:

  • Kedisipilinan
  • Ketekunan
  • Jeli melihat peluang target market
  • Kreativitas usaha
  • Mampu beradaptasi dengan teknologi digital
  • Mengatur keuangan

Ketika mampu menjawab tantangan usaha seperti yang disebutkan diatas, maka kita akan mampu menentukan level kelas usaha yang kita jalankan. Jika dengan model bisnis dan usaha kecilnya masih bermodal yang minim, maka level kelasnya UMKM. Lalu bagaimana agar UMKM bisa naik kelas? Naik kelas dalam usaha adalah sesuatu yang harus diketahui jangkauan target market dan pendapatan. Cashflow usaha juga tentu bisa dinilai sendiri jumlahnya besar atau kecil.

Jika sudah bisa melihat dan mengatur cashflow yang kecil, maka sejatinya usaha yang bertahan saja sudah cukup baik. Untuk memenuhi tujuan UMKM naik kelas harus memenuhi beberapa indikasi. Indikasinya adalah:

  • Brand bisnis terus bagus
  • Cashflow yang terus naik
  • Bertambah value          

Jadi yang namanya naik kelas dalam usaha itu bisa diketahui indikatornya. Dengan ketiga indikasi itu bisa dinyatakan bahwa UMKM bisa naik kelas. Indikasi lainnya yang mungkin terlupakan adalah UMKM ini memiliki historis dengan usahanya. Banyak sekali usaha yang dijalankan sejak lama juga terus tetap bertahan. Terus bertahan dalam usaha tentu tidak mudah. Kesederhanaan dalam menjalankan bisnis juga menentukan bentuk historis sebuah usaha dijalankan.

Dukungan dari berbagai sektor untuk para UMKM agar naik kelas semakin banyak, salah satunya BRI yang selalu setia mendampingi UMKM naik kelas bahkan Go Global. Dalam rangka HUT127BRI, BRI menyatakan diri untuk selalu konsisten melakukan upaya agar UMKM terus tumbuh dan berkembang. Bahkan BRI sudah banyak menciptakan BRILianpreneur yang turut serta meningkatkan perekonomian negara. BRIPahlawanFinansial bagi para UMKM.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline