Lihat ke Halaman Asli

Tutut Setyorinie

TERVERIFIKASI

Pegiat Lingkungan

Ini 3 Hobi Baru yang Bisa Kamu Coba di Usia 25

Diperbarui: 28 Juni 2023   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Hobi oleh Andrea Piacquadio via Pexels.com 

Usia 25 dikenal sebagai usia peralihan menuju dewasa. Di usia ini seseorang mulai tenggelam dalam hiruk pikuk pekerjaan, kemacetan jalanan, hingga dihadapi dengan berbagai tuntutan dan cicilan.

Hal-hal ini yang membuat seseorang di usia 25 rentan mengalami krisis jati diri, atau yang sering disebut dengan quarter life crisis. Akibatnya juga tidak main-main, banyak orang yang akhirnya depresi hingga berujung bunuh diri.

Untuk itu diperlukan hobi alias kegiatan baru untuk merefresh pikiran sehingga quarter life menjadi usia yang seru dan tak terlupakan.

Baca juga: Memulai Hobi Baru di Usia 25 Tahun, Mengapa Tidak?

1. Journaling

Journaling alias menjurnal adalah kegiatan menuliskan pikiran dan perasaan ke dalam tulisan. Kegiatan ini seringkali diindetikkan dengan para introvert yang konon sering menumpahkan curhatan kepada buku diari. 

Pada kenyataannya, journaling bisa dilakukan oleh siapa saja, di usia berapa saja. Bukankah dari kecil kita sudah terbiasa menulis dan mengarang untuk tugas bahasa Indonesia? 

Jadi, semestinya menulis bukan hal yang susah..

Journaling juga diketahui memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan lho..

Dilansir dari DoCheck, kebiasaan menulis dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan, meningkatkan kemampuan mengingat dan kekebalan tubuh, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline