Lihat ke Halaman Asli

S Aji

TERVERIFIKASI

Story Collector

Cerita "Siberia" dan Tragika yang Gagal

Diperbarui: 6 Agustus 2018   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keanu Reeves sebagai Lucas Hill dalam film Siberia (2018) | Variety

A man doesn't become a hero until he can see the root of his own downfall - Aristoteles

Lucas Hill (Keanu Reeves) terbang ke Rusia untuk membereskan penjualan berlian biru. Pyotr, sejawat yang membawa barangnya, ternyata telah menghilang. Berlian biru yang akan dibeli Boris Volkov ikut raib bersamanya. Boris adalah bos mafia, tentu saja. Tapi Boris tidak sendiri. Ada agen Federal Intelligence Service yang ikut mengail di air keruh.  

Lucas sedang bermain-main dengan bahaya. 

Mencari Pyotr membawa Lucas bertemu dengan Ana Ularu. Ana adalah perempuan pewaris dari kafe milik keluarga. Ia pernah memiliki masa muda di Australia. Apa yang menarik dari latar belakang ini? 

Sebagai lajang, Ana bukan tipe yang berbelit-belit dengan jatuh cinta. Ana hanya mengatakan, "Jika aku masih tidak membencimu, kamu masih boleh tidur di sini!" 

Tidak butuh puisi dengan kencan-kencan panjang. Apalagi dibumbui drama pertengkaran dan ngambek-ngambekan. Pada Ana, hidup falsafah "Easy Come, Easy Go". Ana seolah memaknai hidupnya seperti kafe: titik persinggahan, melepas lelah, kemudian berpisah dan lupa.

Sedang di Amerika sana, Gaby Hill terlalu sibuk menjaga karirnya. Dia tidak pernah tahu atau lebih persisnya tidak mau tahu seperti apa daftar risiko yang selalu dihadapi pedagang berlian, seperti suaminya.

Sebab itu, maka sumbu ketegangan dari film Siberia (rilis Juli, 2018) ini pada bahaya berurusan dengan mafia-agen intelijen dan petualangan asrama yang menyeret Ana ke dalam bahaya. Apakah film besutan Matthew Ross sukses menghadirkan ketegangan yang diinginkan? Ketegangan yang tidak semata dilahirkan oleh kultur kekerasan dan aksi sabotase intelijen, misalnya. 

Lebih dari itu, memberikan ketegangan yang "lebih feminin" dari sudut pandang Ana yang sebelumnya hidup tenang di kota kecil. Kota Mirny di Siberia.

Siberia: Ide Layu dan Terlalu Keanu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline