Lihat ke Halaman Asli

S Aji

TERVERIFIKASI

Story Collector

Melihat "Bahasa Appeal" dalam Fiksi DesoL

Diperbarui: 10 Januari 2016   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sebelumnya saya sudah mencoba menunjukkan salah satu model bertutur deskriptif dimana pembaca dibawa ke dalam satu pelukisan cerita yang memikat dan “dibuat” merenung dan menimbang dalam cerpen yang dibuat oleh K’ers Sarwo Prasojo yang berjudul 1 Januari dan Satu Cerita Tersisa di tulisan Mengenali "Dua Bahasa" dalam Cerpen. Kali ini saya hendak mencoba melihat penggunaan model bertutur instruksi (appeal/appel) juga dalam cerpen.

Ada baiknya sebelum jauh menyusun kalimat, beberapa pokok pengertian tentang model bertutur instruksi dalam cerpen digambarkan lagi. Tentulah pengertian terbatas ini mengacu pada endapan bacaan subyektif terhadap tafsir Ignas Kleden atas karya cerpen dan novel Putu Wijaya.

Pertama, bahasa instruksi memeriksa kembali nilai, norma dan pengetahuan atau sistem budaya yang terlanjur mapan di dalam masyarakat. Salah satunya dengan “menabrak yang dipandang tabu” atau “terlanjur beku dan kaku”. Dalam bahasa Ignas Kleden : apa yang dinamakan benar atau salah (dalam artian right or wrong) dibolak-balik dan dijungkir-balikkan secara kocak, nakal dan tegar (hal 3).

Kedua, cara seperti ini juga menyukai sejenis narasi petualangan dan penyelidikan. Akan tetapi bukan petualangan pada rimba liar atau negeri-negeri asing, bukan petualangan dalam dunia sosial atau historis. Petualangan dimaksud—sebagaimana bahasa Ignas Kleden--adalah petualangan dalam jiwa, dalam pikiran, dalam perasaan, dalam angan, dalam sensasi manusia. Demikian pun pikiran dan perasaan seseorang dicoba disingkapkan dengan cara yang penuh rahasia dengan memelihara momentum ketak-terdugaan (hal 5).

Ketiga, dalam kasus cerpen/novel Putu Wijaya, Ignas Kleden katakan, bahasa instruksi sangat hemat dengan kalimat-kalimat majemuk dengan banyak klausul atau anak kalimat. Sebuah instruksi memang harus memberikan amanat yang jelas dan tidak mengundang salah tafsir. Dengan kata lain, kalimatnya efisien dan efektif (hal 14).

Sebenarnya jika membaca langsung tafsiran lengkap Ignas Kleden dalam naskah berjudul Konstruksi Sosial ala Putu Wijaya itu, gambaran akan bahasa instruksi lebih lengkap dibaca karena ia menyajikannya sembari mengulas cerpen atau novel. Namun untuk kebutuhan terbatas ini, saya meringkas saja pengertian bahasa instruksi ke dalam tiga jenis yang dianggap mewakili. Semoga saja tiga pengertian ini boleh menjadi pegangan untuk mengenali apa yang dimaksud dengan bahasa instruksi atau appeal dalam bercerpen.

Selanjutnya saya akan coba menggunakannya dalam melihat beberapa cerpen DesoL, yang menyebut jenis fiksinya sebagai Fiksi Mati.

Saya tidak mengambil seluruh cerpen DesoL, beberapa saja yang dirasakan boleh menjadi bahan baku untuk melihat model bahasa instruksi ini. Dari 136 postingannya, saya hanya akan mengambil tiga saja, yakni, Cangkir yang Indah, Pembunuh Ibuku, dan Aku dan Zainal sebagai sample.

Cangkir yang Indah. Cerpen ini juga postingan pertama K'ers yang tahun kemarin bikin ramai kanal Fiksiana dengan aksi berbalas fiksi itu. Inti ide dari ceritanya tentang perempuan korban pemerkosaan yang membunuh pemerkosanya. Tidak terlalu banyak deskripsi tentang bagaimana asal mula perkosaan itu sampai terjadi. Pun juga tidak terlukis bagaimana detik-detik perkosaan itu berlangsung. Pada cerpen ini adalah DesoL menghadirkan sebuah dialog moral dalam subyektifitas perempuan yang diperkosa itu. Dialog moral yang mengambil kisah penciptaan manusia oleh Tuhan yang disimbolisasikannya dalam pesan Ibu yang seolah sengaja dikirim dari surga. Manusia adalah tanah yang dipoles Tuhan menjadi sebuah cangkir indah (baca : sebaik-baiknya penciptaan). Namun cangkir itu harus rusak oleh ulah manusia (: diperkosa) atau ulah dirinya sendiri (: menuruti murka amarah sebagai korban perkosaan). Perempuan korban perkosaan itu bersibuk diri dengan dialog moral dalam dirinya sendiri, apakah harus membunuh atau menuruti pesan ibu tentang penciptaan manusia oleh Tuhan.

Pembunuh Ibuku. Inti ceritanya adalah seorang anak perempuan yang dalam gilanya, ia membunuh ibunya sendiri. Anak perempuan itu seperti memiliki dua karakter yang tumbuh, sebagai manusia yang mengalami kenyataan secara normal (memiliki pacar polisi dan juga pengguna kartu kredit) sekaligus dunia halusinatif, ketika membunuh ibunya, ia merasa sedang menikam daging ayam berkali-kali. Kehadiran aparatur hukum (polisi) yang juga melambangan tatanan moral dan tertib sosial tidak terlalu dijadikan poros konflik. Tidak ada dialog moral yang spesifik seperti halnya yang pertama, Pembunuh Ibuku lebih kepada usaha pengarang merawat misteri dan ketakterdugaan kepada pembaca, tentu dengan kadar sadisme yang sangat terasa.

Aku dan Zainal. Inti ceritanya adalah ibu dan anak yang hidup di jalanan dari mengais sisa-sisa makanan pada sebuah kota. Kemiskinan telah membuat mereka bertahan melewati kepedihan harian yang berulang. Hingga Zainal harus dibela kematian karena arsenik dan kau dipilih kematian dengan hidup di balik jeruji. Tak menghadirkan haru biru yang terlalu, DesoL membuat Aku dan Zainal sebagai kisah survive manusia jalanan yang keras, getir tapi dingin. Kematian mudah datang dalam ketidaktahuan yang terbungkus dalam sikap keras hati untuk tetap bertahan hidup ketika kemiskinan itu terlanjur menjadi perisitiwa yang banal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline