Lihat ke Halaman Asli

S Aji

TERVERIFIKASI

Story Collector

Makan Siang Sederhana, Tak Sesederhana Pencapaiannya

Diperbarui: 14 Desember 2017   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Makan Siang Sederhana/dok.pri

Siang tadi, saya menikmati makan siang yang nikmat sekali. Sebuah kenikmatan yang sederhana walau mungkin tidak sesederhana "mencapainya". Ini juga sebuah makan siang yang sangat nikmat di tengah kepungan asap yang belum lagi menunjukkan tanda akan surut.

Lihatlah gambar itu, dialah menu makan siang saya.

Saya makan siang dengan nasi putih yang baru saja ditanak, sayurnya adalah sawi dan gambas yang dimasak berkuah dan lauk tahu yang digoreng. Penyempurna rasanya adalah sambal mentah yang diramu dari cabai dan tomat saja.

Semuanya disajikan dengan tatakan plastik dan kayu. Sehingga juga dalam kenikmatan makan itu saya merasakan kehadiran dari sesuatu yang sederhana. Dengan kata lain, kenikmatan makan siang yang sederhana, khas orang desa.

Walau begitu, kenikmatan makan siang ini tidak sesederhana menu yang disajikan jika melihat kondisi-kondisi sosial yang menyertainya, yakni tidak sesederhana hanya nasi putih, tahu, sayur sawi-gambas, dan sambal. Apa pasalnya? Karena untuk "memenuhi kenikmatan sederhana ini" ada sebuah proses dibaliknya yang tidak sederhana.

Apa proses yang saya maksudkan itu?

Proses pemenuhan kenikmatan ini berkonteks pada sebuah dunia sosial ekonomi dari beberapa desa. Untuk mengadakan beras, untuk sampai ke meja makan kami, haruslah dipenuhi dari sebuah desa bernama Katingan Satu yang merupakan basis pertanian padi selain juga wilayah transmigrasi.

Kemudian untuk sayur, tahu, cabai dan tomat, dipenuhi dari sebuah dengan dengan kultur pertanian juga, khususnya sayur, bernama Katingan Tiga. Kedua desa ini bertetangga dengan desa Mendawai yang menjadi lokasi tinggal kami.

Membayangkan satu model distribusi kebutuhan pangan harian yang seperti ini saya juga membayangkan sebuah teritori yang saling menyangga kebutuhannya. Mendawai sendiri yang terletak persis di pinggir DAS Katingan dapat menjadi penyuplai ikan dari olah perikanan tangkap. Selain iu, letaknya di pinggir sungai, juga menjadi penghubung dengan pedagang yang datang dari luar, seperti dari Banjarmasin.

Usaha saling menyangga ini membentuk satu unit produksi sosial dan ekonomi antar desa yang membuat masyarakatnya tidak perlu selalu "mengimpor barang kebutuhan" dari Sampit atau Kasongan, dua Ibu kota kabupaten terdekat kecuali terhadap kebutuhan barang kebutuhan rumah tangga yang tidak diproduksi di desa. 

Dalam hubungan produksi ekonomi antara desa yang demikian, kenikmatan makan siang yang sederhana tadi bukanlah sesuatu yang sederhana dalam proses pencapaiannya. Ketidaksederhanaan itu bukan karena menu yang disajikan "bukanlah jenis makanan mewah" namun karena ada kerja keras petani yang konsisten untuk terus mengolah tanah. Sebuah kerja keras yang kini terus bertaruh diri menghadapi perubahan iklim dan tekanan liberalisasi pertanian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline