Kemarin sore, pukul 15.00 WIB, dengan bis berpendingin AC, saya berangkat ke Sampit dari Palangkaraya. Tiba di ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur ini, sudah sekitar jam 21.00 WIB. Karena besok pagi-pagi hendak berangkat lagi dengan perahu kelotok, saya memilih nginap di hotel tepi sungai. Sebuah hotel sederhana yang juga menjadi lokasi dermaga.
Dermaga itu sendiri menyediakan layanan perahu bermesin atau yang sering disebut Kelotok oleh penduduk lokal. Kelotok itu bisa bisa menampung 20-30 orang. Sering juga digunakan untuk membawa minyak (BBM) dan hasil panen warga yang berada di wilayah-wilayah pertanian di Kabupaten Katingan. Untuk sedikit keterangan tentang DAS Mentaya, dapat dibaca di sini.
Bangun pagi, saya lalu mengambil kamera digital dan berjalan ke belakang hotel. Berada di lantai 2, pemandangan DAS Mentaya mungkin lebih bagus dan penting untuk diabadikan. Maka sibuklah saya mengambil beberapa gambar. Seorang Ibu yang sedang mencuci, terheran-heran. Kemungkinan dia berfikir, pasti orang baru. Maka saya mulai mengabadikan pagi yang merangkak di DAS Mentaya. [caption id="attachment_412326" align="aligncenter" width="566" caption="Kabut masih menutup DAS Mentaya/dok.pri"]
[/caption] Sekitar jam 06.00 WIB, kabut masih menutup DAS Mentaya. Sinar mentari masih terhalang. Pada samar kabut, tampak kapal berbadan besi sedang berlabuh.
Bisa jadi kapal itu adalah kapal pengangkut minyak sawit. [caption id="attachment_412327" align="aligncenter" width="566" caption="Kelotok masih rapi diparkir/dok.pri"]
[/caption] Di pagi yang berkabut, perahu Kelotok masih berjejer rapi di pinggir dermaga. Pada malam hari, beberapa dari Kelotok itu ditiduri oleh supir atau pemiliknya. Rata-rata jam mereka mulai berangkat jam 09.00 WIB, tergantung penumpangnya. Ada juga yang berangkat menjelang sore hari. Kelotok-kelotok ini merupakan alat transportasi utama yang menghubungkan Kabupaten Kotawaringin Timur dengan Kabupaten Katingan.
Di Kabupaten Katingan, ada beberapa sentra pertanian, baik yang dikelola oleh kaum transmigran pun penduduk asli, dan perikanan tangkap yang secara rutin mengirim hasil panen mereka ke Sampit. Kelotok-kelotok inilah yang merupakan alat angkut utama.
Pada musim buah kemarin, saya sempat berangkat dengan perahu Kelotok yang penuh dengan buah-buahan. [caption id="attachment_412328" align="aligncenter" width="561" caption="Arah hilir DAS Mentaya/dok.pri"]
[/caption] Ketika memutar pandang ke hilir, kabut tampaknya merata menutupi langit Mentaya pagi ini. Kelotok-kelotok di dermaga sebelah juga masih rapi diparkir. Penduduk sungai belum memulai aktifitasnya. Sebuah pemandangan pagi yang tenang dan masih malas.
***
Menikmati kabut di pagi yang malas adalah menikmati ketenangan yang samar-samar. Kesamaran yang seolah memberi pesan alam selalu memiliki cara menyembunyikan sisi tertentu dari dirinya. Sisi yang tidak selalu bisa kita tembus dengan identifikasi pengetahuan.
Tentang alam yang tidak bisa kita identifikasi dengan pengetahuan manusia, saya jadi ingat kuliah Romo Setyo Wibowo di Salihara tentang pemikiran Friedrich Nietzsche (1844-1900). Kuliah yang membahas pemikiran salah satu perintis tradisi posmodernisme tentang Kebutuhan dan Kehendak. Kuliah yang berdurasi 2 jam 5 menit 30 detik itu bisa ditonton di Youtube, di sini.
Nietzsche memiliki etos seorang pengembara, juga memiliki pengalaman akan sakit yang kelam. Point penting dari pemikiran Nietzsche, bagi Romo Setyo, adalah teorinya tentang kehendak. Manusia selalu membutuhkan sesuatu untuk mengukuhkan dirinya. Untuk keharusan mengutuh-kukuhkan dirinya itu, lahirlah kebutuhan akan pegangan. Demikian ringkasnya. Romo Setyo Wibowo juga menegaskan bahwa pengalaman sakit dan seorang pengembara membawa Nietzsche memahami filsafat sebagai seni transfigurasi. Seni untuk memberi bentuk-bentuk yang berbeda atas kenyataan. Bahan baku untuk filsafat seperti ini adalah pengalaman kebertubuhan kita, pada pengalaman-pengalaman yang menghentak, khususnya tentang peristiwa yang kelam, getir, dan meluluhlantakkan kedirian.
Ada frasa menarik yang diterang Romo Setyo Wibowo tentang filsafat Nieztsche dalam kaitan dengan penyamaran. Nietzsche adalah filsuf yang menegaskan jika yang ada hanyalah penyamaran, permukaan, selubung, atau topeng. Di balik itu, tidak ada makna, tidak ada kebenaran. Manusia dengan "kehendak yang sakit atau cacat" bisa memainkan lakon penyamaran terhadap sesamanya. Sampai disini, saya lalu terpikir.