Lihat ke Halaman Asli

Tutik Febrianti

mahasiswa unej

KKN BTV III Peningkatan Pembelajaran Online Masa Pandemi

Diperbarui: 30 Agustus 2021   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Gambar 1 : Penulis dan siswa sekolah , 19 Agustus 2021) Dokpri

KKN Back to Village 3 (KKN BTV 3 UNEJ) merupakan  program Universitas Jember sebagai wadah untuk mahasiswa dalam menyalurkan ilmu yang didapat melalui sebuah pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi covid-19. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ memilih lokasi asal untuk pengabdian dan dilaksanakan secara mandiri. KKN BTV3  terbagi menjadi beberapa kelompok , salah satunya kelompok 62 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Eddy Mulyono S.H., M.Hum., . Adanya kegiatan ini dilakukan agar menambah minat anak dalam belajar dan sekolah daring. Desa yang di pilih penulis yaitu Desa Paiton. 

Desa Paiton merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan paiton.Secara geografis , Desa Paiton memiliki luas 7,80 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 3.570 jiwa. Batas wilayah Desa Paiton bagian timur berbatasan dengan Desa Sumberjo , sebelah selatan berbatasan dengan Desa Taman, sebelah barat berbatasan dengan Desa Sukodadi dan sebelah utara berbatasan dengan Desa Sumberanyar.

Penyebaran virus corona yang semakin meningkat mengakibatkan  kegiatan belajar mengajar terhambat karena sekolah dibatasi melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Permasalahan terkait media pembelajaran yang kurang efektif membuat siswa bahkan orang tua siswa kebingungan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan online menggunkan media gadget ataupun laptop menghasilkan siswa malas membaca lebih memilih mencari di google langsung . 

Akibatnya , kurangnya informasi tentang semua hal yang seharusnya terdapat pada bacaan buku. Pembelajaran dirumah kemungkinan banyak disalahgunakan oleh siswa untuk bermain game, menonton youtube dan sebagainya yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Belajar di rumah dengan tidak bertemu teman-teman menjadikan siswa kurang berani untuk bersuara atau mengungkapkan pendapat dan kurangnya sosialisasi sesama teman sebaya.

            Dalam kegiatan KKN ini , penulis melaksanakan beberapa program kerja untuk siswa sekolah daring. Dengan adanya permasalahan yang disebutkan, penulis sebagai seorang mahasiswa KKN merasa perlu adanya kegiatan yang dapat memacu kreatifitas siswa, sehingga dengan adanya KKN ini dengan tema Progam Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19 berharap dapat sedikit membantu para siswa agar tidak merasa bosan dengan memanfaatkan platform daring untuk mengadakan diskusi online yang akan didampingi oleh seorang pemateri. Tentunya program yang akan dijalankan membutuhkan keterlibatan berbagai macam pihak untuk menunjang program yang akan dijalankan. 

Kegiatan tersebut bertuan agar siswa bisa berfikir kreatif, menumbuhkan rasa percaya diri dan memahami dampak penggunaan gadget yang berlebihan sekaligus menambah hobi membaca buku. Mengajarkan beberapa aplikasi pembelajaran seperti (zoom ,g-meet dan quiziz ) dan aplikasi literasi seperti E-pusda . 

Kegiatan KKN dengan program literasi desa pada masa pandemi Covid-19 ini membawa harapan besar bagi orang tua siswa di Dusun Masjid Desa Paiton untuk meningkatkan taraf pendidikan anaknya. Diharapkan melalui pengenalan aplikasi ini bisa mengatasi kekhawatiran orang tua terkait kendala yang selama ini dialami oleh orang tua dan siswa selama pembelajaran daring dan menjadi pemicu semangat siswa dalam belajar

(Gambar 1 : Penulis dan siswa sekolah pembelajaran aplikasi , 22 Agustus 2021) Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline