Lihat ke Halaman Asli

Tuti Harmida

Mahasiswa

Apa Sih Hubungan Covid-19 dengan Matematika

Diperbarui: 15 Agustus 2020   07:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum teman-teman. Saya Tuti Harmidah Siregar. Nah, kali ini  saya ingin memberi tahu tentang apa sih Hubungan Covid-19 Dengan Matematika? Sebelum saya membahasnya terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu Covid-19.

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan virus corona yang baru-baru ini ditemukan. Virus dan penyakit baru ini diketahui setelah wabah ini menjangkiti Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Dimana virus tersebut menyerang organ dalam yaitu organ pernapasan yaitu paru-paru. 

Lalu, apa hubungan Covid-19 dengan Matematika?

Hubungan Covid-19 dengan matematika ialah, jika  menggunakan kurva bisa menunjukkan positif atau negatifnya penyebaran Covid-19 tersebut. Nah, dari kurva tersebut bisa dilihat perbedaannya berikut adalah gambar yang menunjukkan ada 2 tipe penyebaran Covid-19 tersebut.

Dimana dalam gambar menunjukkan bahwa kurva 1 (Warna Merah) adalah penyebaran yang menunjukkan tidak semua pasien positif mendapatkan fasilitas kesehatan dan penyebaran virus tersebut cepat dalam waktu yang singkat.

Sedangkan dalam kurva ke-2 (Warna Biru) menunjukkan pasien semua positif dapat dirawat sehingga mengurangi jumlah rantai penyebaran dan jumlah kematian akibat Covid-19.

Dari gambar kedua kurva diatas menunjukkan bahwa kurva 1 dan 2 memiliki jumlah pasien positif yang sama, hanya saja yang membedakannya adalah cepat atau lambatnya penyebaran Covid-19 tersebut.  Dan bagaimana sih cara untuk memperlambat penyebaran Covid-19?

Nah, cara memperlambat penyebaran Covid-19 atau pada kedua kurva ialah dengan FLATTEN THE CURVE dan cara memperlambatnya yaitu dengan menggunakan perhitunga matematika yaitu dengan menggunakan rumus Eksponensial. Adapun rumusnya sebagai berikut:
Nh=  Jumlah kasus per hari.
R= Jumlah rata-rata pasien yang positif.
P= Peluang tertular dan tidak tertular pasien positif.
Rumusnya yaitu :
Perubahan kasus per hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline