Lihat ke Halaman Asli

tuti dede

Guru SD

Kebaikan dan Keburukan Akan Kembali Kepada Kita

Diperbarui: 13 Agustus 2024   08:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

KEBAIKAN DAN KEBURUKAN AKAN KEMBALI KEPADA KITA,Menjadi tulisan saya hari  selasa 13 Agustus 2024,di kompasiana. Konsep "kebaikan dan keburukan akan kembali kepada kita" menyiratkan bahwa tindakan baik atau buruk yang kita lakukan akan memengaruhi kita di kemudian hari. Kebaikan yang kita berikan kepada orang lain sering kali menghasilkan hubungan yang positif dan dukungan di masa depan, menciptakan lingkungan sosial yang harmonis dan penuh empati. 

Sebaliknya, keburukan atau tindakan negatif bisa berbalik pada kita dalam bentuk konflik, ketidakpercayaan, atau bahkan rasa sakit. Prinsip ini mendorong kita untuk bertindak dengan integritas dan empati, karena efek dari perilaku kita bisa menciptakan siklus positif atau negatif yang berkelanjutan dalam kehidupan kita.Apapun yang telah  kita lakukan akan Kembali kepada diri kita sendiri.Kita tidak tahu Kembali nya itu bisa hari ini,besok,lusa,minggu depan,bulan depan,tahun depan,di dunia atau pun di akhirat.

Kebaikan dan keburukan yang kita lakukan,balasannya bukan lah dari yang kita perlakukan melainkan dari allah swt.Oleh karena itu perlakukanlah orang lain sebagaimana kita memperlakukan diri kita sendiri sebaik mungkin.Tetaplah berbuat baik,kebaikan yang kita lakukan sekarang meskipun itu kecil ,itu akan sangat berarti kelak di akhirat.

Kebaikan yang kita lakukan mungkin akan di lupakan orang,tapi tetaplah berbuat baik,karena perbuatan baik itu ada di antara kita dan Allah,maka kita tetaplah berbuat bai kapa pun caranya.Jika ada orang yang tidak suka,biarkan saja itu sudah biasa."jika kamu berbuat baik,berarti  kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri "(QS.Al Israa 17:7) Perbuatan baik yang berdampak besar dalam kehidupan sehari -hari di antaranya mengucapkan terima kasih,saling menghargai.

Marilah kita selalu berusaha menjadi orang baik dan mampu berbuat baik,niat yang baik menjadi awal perbuatan baik,dengan niat yang ikhlas akan mengantarkan perbuatan yang ikhlas pula.Allah SWT,tidak memandang kepada rupa dan harta kita dalam hal perbauatan baik yang kita lakukan,akan tetapi Allah melihat hati  dan amal kita.Perbuatan baik merupakan bentuk kepedulian,empati,serta kasih sayang kepada sesama manusia dan lingkungan.Jika di lakukan dengan tepat berbuat kebaikan bisa membuat kita menjadi bahagia,terhindar dari stress.Salam sehat dan bahagia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline