Lihat ke Halaman Asli

tuti dede

Guru SD

Kegiatan Circle Time Kebiasaan yang Baik

Diperbarui: 12 Juni 2024   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Jadikan Circle Time kebiasaan yang baik.

Menjadi tulisan saya hari rabu 12 juni 2024, di kompasiana, kalau kebiasaan baik bolehlah di lakukan setiap hari, kebiasaan baik di sekolah yang guru terapkan di saat  sebelum dan sesudah pelajaran menjadi kegiatan rutin yang di lakukan anak-anak di bawah arahan guru. 

Kegiatan Circle time, jadi kebiasaan anak di kelas dengan atau tanpa bantuan guru yang mana pendekatan atau praktik nya adalah anak-anak dan guru duduk bersama dalam lingkaran ,guru dapat berpartisifasi dalam kegiatan itu. 

Dari kegiatan yang di lakukan itu akan banyak manfaat yang di dapat di antaranya meningkatkan ketrampilan sosial, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berintraksi dan berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya dalam suasana santai dan penuh keakraban. Akan jelas terlihat anak-anak memiliki ketrampilan sosial seperti berbicara di depan umum,mendengarkan orang lain berbicara, dan dapat berbagi informasi dan ide cemerlangnya.

Dalam kegiatan Circle time terlihat anak-anak merasa lebih dekat dengan teman-teman dan guru,menciptakan ikatan yang positif dan membangun semangat kebersamaan dalam lingkungan pembelajaran. Kegiatan di sana menjadi kan anak-anak lebih nyaman berbicara dengan guru anak-anak lebih akrab, karena guru langsung melihat dan memperhatikan perasaan dan kebutuhan siswa secara lebih individual.

Guru dapat menggunakan circle time untuk memperkenalkan konsep- konsep baru atau mereview materi yang sudah di ajarkan dengan cara interaktif  dan menyenangkan. Peran guru sangat penting di kegiatan circle time untuk memastikan kegiatan berjalan lancar dan mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan guru harus bertindak sebagai pemimpin yang mempasilitasi diskusi dan kegiatan, guru menjadi pendengar yang penuh perhatian ,bergiliran berbicara, dan menghormati pendapat, menciptakan kegiatan tidak terlalu lama dan tetap menarik bagi anak-anak. 

Guru memberikan umpan balik yang konstruktif dan mendukung untuk membantu anak-anak mengembangkan sosial dan emosional mereka,menilai perkembangan anak-anak dan mengidentifikasi area yang mungkin memerlukan perhatian lebih lanjut. Dengan peran guru di kegiatan circle time akan menjadikan kebiasaan baik dan pengalaman yang bermanfaat dan bermakna  bagi anak-anak,membantu mereka belajar dan tumbuh dalam lingkungan yang mendukung. 

Kegiatan circle time memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan rasa kebersamaan dalam kelompok,dapat mengembangkan ketrampilan sosial anak,di mana anak dapat mengemukan ide dan mendengar kan pendapat orang lain serta mereka belajar untuk bersikap  sportif bila pendapatnya di terima atau tidak di terima oleh lingkungan. 

Salam sehat dan Bahagia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline