Lihat ke Halaman Asli

Tuti Agustina

Mahasiswa

Pengantar Sistem Operasi Komputer

Diperbarui: 3 Juni 2024   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Identitas Buku

  • Judul Buku             : Pengantar Sistem Operasi Komputer
  • Penulis Buku         : Satrio Yudho, S.Kom, M.T.I.
  • Penerbit Buku       : Graha Ilmu
  • Cetakan                   : Pertama
  • Tebal Buku             : 80 lembar
  • Tahun Terbit         : 2013

           Pengantar Sistem Operasi Komputer

  • Penulis membahas dua peran sistem operasi dalam buku ini: sistem operasi sebagai perangkat lunak dan sistem operasi sebagai produk. Sistem operasi sebagai perangkat lunak dimaksudkan sebagai sekumpulan instruksi yang memiliki tata cara penggunaan yang jelas, dibangun dengan Bahasa pemrograman, dan memiliki alur kerja. Dalam hal produk, sistem operasi adalah teknologi yang dirancang untuk digunakan secara umum. Jika sebuah produk perangka lunak dapat memenuhi kebutuhan pengguna, berjalan lancar, dan dapat menghasilkan produk yang lebih baik di masa mendatang, itu dianggap sukses.
  • Bab selanjutnya membahas arsitektur komputer modern. Penulis juga menjelaskan arsitektur komputer Von Neuman. Arsitektur ini membuat sistem komputer dengan satu CPU dan pengontrol perangkat, yang dapat mengakses memori utama melalui system bus. Dengan demikian, CPU berfungsi sebagai pengendali utama untuk semua perangkat input dan output yang terpasang di sistem.
  • Bab ketiga penulis menjelaskan tentang Overview Sistem Operasi. Didalamnya terdapat penjelasan tentang struktur sistem operasi, alokasi sumber daya, resource allocation tasks, dan real and virtual resources. Peran utama sistem operasi adalah sebagai pengelola sistem computer berupa CPU, memori, I/O, proses, dan user. Kernel, yang berada di antara perangkat keras, terdiri dari device driver yang dibawa oleh masing-masing perangkat keras. Kernel adalah inti sistem operasi yang berada diantara perangkat keras dan resorce allocator.
  • Pada bab ke 4 sampai ke 6 penulis menjelaskan tentang bagimana cara memanjemen suatu proses. Banyak sekali penjelasan tentang struktur proses, status thread, pemrosesan interrupt, scheduling, dan banyak sekali tentang aloritma. disertai dengan penjelasan tentang pengaturan memori.
  • Bab terakhir berbicara tentang Deadlock. Ketika sumber daya yang dibutuhkan beberapa proses dalam sistem operasi multiprogramming tidak tersedia secara maksimal, beberapa proses harus menunggu dalam status menunggu. Selain itu, dibahas jenis kegagalan, seperti pencegahan kegagalan dan pencegahan kegagalan. Selain itu, tidak ketingalan dijelaskan tentang identifikasi deadlock dan pemulihan.
  • Kelebihan Buku

Menurut saya buku ini cukup bagus dan memuaskan karena sudah menjelaskan dasar-dasar sistem operasi dengan luas.

  • Kekurangan Buku

Gambar yang disediakan hanya berwarna hitam putih, akan lebih baik lagi jika diberi gambar yang berwarna agar tidak monoton dan lebih menarik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline