Lihat ke Halaman Asli

tunas bahari

pemimpin

Tips Simpan Bakso Ikan ala Kang Agus TB

Diperbarui: 18 Juli 2024   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampilan baso ikan Tunas Bahari

Mengawetkan makanan di suhu dingin adalah salah satu metode yang efektif untuk memperpanjang masa simpan makanan seperti bakso ikan.

Menurut Agus Gunawan atau yang kerap disebut Kang Agus TB, untuk menyimpan bakso ikan tuna agar bertahan lebih lama, bisa dilakukan dengan menggunakan lemari pendingin atau kulkas. Hal ini mampu menjaga kualitas dan kesegaran baso ikan tuna agar tidak mudah basi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan baso ikan yang baik di kulkas antara lain Netralkan baso pada suhu ruang. Jika baso masih panas, didinginkan dulu beberapa saat sebelum masuk kulkas. Untuk mencegah kontaminasi dan menjaga kelembaban, gunakanlah wadah kedap udara.

Jika baso sudah Bersatu dengan kuah, maka sebelum masuk lemari pendingin baiknya pisahkan antara kuah dan baso nya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar baso tidak semakin mengembang bila terendam kuah dalam waktu yang lama. Dikhawatirkan bila disimpan lama bersama kuahnya, hal ini akan mengurangi cita rasa dari baso itu sendiri. Selain itu, memisahkan antara baso dan kuah bertujuan agar baso tidak cepat basi.

Langkah selanjutnya adalah Labeli tanggal penyimpanan. Beri label dengan tanggal penyimpanan pada wadah agar Anda tahu berapa lama baso sudah disimpan.

Hal lain yang disarankan adalah jangan simpan baso terlalu lama. Baso yang disimpan dalam kulkas umumnya bisa bertahan hingga 3-5 hari. Untuk penyimpanan lebih lama, sebaiknya simpan di freezer. Baso bisa bertahan hingga beberapa bulan dalam kondisi beku di dalam freezer.

Terakhir, bekukan baso dalam porsi kecil. Hal ini bertujuan agar baso mudah diambil sesuai kebutuhan tanpa harus mencairkan semuanya.

Dengan cara-cara tersebut, baso bisa lebih awet dan tetap enak saat disantap kembali.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline