PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA
Disusun Oleh;
Isma Masaid 34202200003
Tunas Prasetyo 34202200038
Prodi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidian
Universitas Islam Sultan Agung
Bapak Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd. Dosen Pendidikan Matematika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Islam Sultan Agung
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam membangun sebuah bangsa yang maju dan berdaya saing. Dalam era globalisasi yang penuh tantangan ini, kurikulum pendidikan perlu terus disesuaikan agar relevan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satu upaya terbaru dalam memperbarui sistem pendidikan di Indonesia adalah dengan penerapan Kurikulum Merdeka.
Konsep pembelajaran matematika di atas menggaris bawahi pentingnya proses interaktif antara guru dan siswa dalam mengembangkan model pembelajaran berpikir dan logis. Guru bertanggung jawab untuk merancang metode yang akan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Matematika dianggap sebagai salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebagai mata pelajaran di sekolah, matematika memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, serta membantu membangun bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan berwawasan.
Siswa juga membutuhkan pemahaman dalam matematika untuk mengatasi tantangan di dunia nyata dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, penguasaan konsep matematika menjadi keterampilan yang berharga bagi siswa dalam menghadapi kehidupan sehari-hari dan masa depannya. Dengan adanya konsep pembelajaran matematika yang interaktif dan efektif, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, dan analitis, serta mampu menerapkan pengetahuan matematika mereka dalam berbagai situasi kehidupan.