Lihat ke Halaman Asli

Adhikara KKM 107

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Momen Haru Mahasiswa KKM UIN Malang Pamit Undur Diri pada Acara Penutupan di Balai Desa Duwet

Diperbarui: 1 Februari 2024   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

arsip dokumentasi kelompok KKM

Penutupan Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Negeri Malang yang dilaksanakan di balai desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang pada hari Senin (29/01). Acara penutupan tersebut dihadiri oleh Ibu Titik Koladawilah selaku kepala desa  dan perangkat desa beserta masyarakat yang turut hadir memeriahkan acara tersebut. Tak lupa pula pada Ibu dosen pembimbing lapangan, Ibu Fitratul Uyun, M.Pd yang turut hadir bersama para mahasiswa yang sangat antusias memberikan persembahan terbaik sebelum meninggalkan desa Duwet untuk terakhir kalinya.


Ketua pelaksana acara penutupan KKM, Muhammad Habib Rijal pada sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih yang penuh pada jajaran perangkat desa khususnya pada Ibu Titik Koladawilah selaku kepala desa serta masyarakat yang telah banyak membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang membangun desa. Selain ucapan terima kasih, tak lupa ucapan permohonan maaf  yang sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan dari pihak mahasisswa KKM UIN Malang selama kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung.

arsip dokumentasi kelompok KKM


Dengan berjumlah 20 mahasiswa KKM UIN Malang dari kelompok 107 dan 108 tersebut selama pengabdian telah mengusung beberapa program kerja diantaranya Sosialisasi pencegahan stunting, pelatihan UMKM dengan media market place, moderasi beragama melalui TPQ dan kegiatan masyarakat, dan membantu kegiatan belajar mengajar pada sekolah-sekolah seperti Paud, TK, SD, dan SMP. Lebih dari itu, masih banyak beberapa kegiatan lain yang berkolaborasi dengan masyarakat setempat. Pada momen pengabdian ini, KKM UIN Malang memfokuskan program kerja harian pada pendidikan formal dan non formal, seperti sekolah dan TPQ. Tujuannya, yakni untuk kembali membangun motivasi serta isnpirasi anak-anak dan remaja bagaimana pentingnya pendidikan di masa depan yang nantinya dapat mewujudkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia yang unggul.

arsip dokumentasi kelommpok KKM

arsip dokumentasi kelommpok KKM

arsip dokumentasi kelommpok KKM

arsip dokumentasi kelommpok KKM

Harapannya, Pengabdian dan program kerja yang diusung oleh mahasiswa KKM UIN Malang tersebut dapat membantu dalam pengembangan sumberdaya serta potensi desa Duwet dan memberikan dampak yang baik untuk masyarakat setempat. Adapun acara penutupan berjalan dengan lancar yang diikuti dengan penampilan seni tari topeng, dibawakan langsung oleh anak-anak desa dengan penuh semangat dan antusias. Kemudian acara penutupan tersebut dikahiri dengan penampilan akustik dari mahasiswa KKM Andi Darusalam, menyanyikan lagu Perpisahan termanis dengan momen penuh haru dan dilanjutkan dengan bersalaman sekaligus berpamitan dan sesi foto bersama untuk terakhir kalinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline