Lihat ke Halaman Asli

Adhikara KKM 107

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Sosialisasi Pencegahan Stunting dan Pelatihan Kreatif Desa Duwet kecamatan Tumpang kabupaten Malang: Pembuatan Es Krim dari Kulit Pisang

Diperbarui: 10 Januari 2024   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : arsip dokumentasi

Pada hari sabtu, 6 Januari 2023 kelompok KKM 107-108 UIN Malang mengadakan sebuah sosialisasi pencegahan stunting dan pelatihan kreatif pembuatan es krim dari kulit pisang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk memanifestasikan tema dari KKM UIN Malang yaitu moderasi beragama, pencegahan stunting,kemiskinan ekstrim dan parenting sesuai dengan pernyataan Dr. Syaiful Mustofa, kepala pusat studi pengabdian masyarakat (LP2M) UIN Malang. Kegiatan diawali dengan pembukaan, termasuk sambutan dari kordinator desa yaitu Narjun Najich, dan do'a oleh Muhammad Habib Rizal. 

Lalu Nafilatur Rahmah, mahasiswi kelompok KKM 107 dari prodi Farmasi sebagai pemateri sosialisasi. Ia menjelaskan mengenai bagaimana cara pencegahan stunting kepada ibu-ibu PKK desa Duwet kecamatan Tumpang kabupaten Malang. Materi disampaikan dengan sederhana, didukung oleh brosur guna memudahkan pemahaman mengenai stunting dan cara pencegahannya.

Sosialisasi ini bertujuan membantu masyarakat desa mengurangi masalah gizi, dengan harapan agar ibu-ibu dapat lebih memahami tindakan pencegahan yang diperlukan untuk anak-anak. Acara berlangsung lancar, dan para ibu terlihat antusias saat sesi pelatihan pembuatan es krim. Mahasiswi prodi Farmasi, Alya Fadiatin dari kelompok 108 memandu pelatihan ini, melibatkan ibu-ibu dalam proses pembuatan es krim dari kulit pisang. Meskipun terdengar tidak biasa, menggunakan limbah kulit pisang raja ternyata memiliki manfaat luar biasa, baik untuk pencegahan stunting maupun mengurangi  limbah rumah tangga. Kulit pisang raja mengandung senyawa kimia yang bersifat antioksidan dari golongan Flavonoid maupun Fenolik yang dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. 

sumber : arsip dokumentasi

sumber : arsip dokumentasi

sumber : arsip dokumentasi

sumber : arsip dokumentasi

sumber : arsip dokumentasi

sumber : arsip dokumentasi

sumber : arsip dokumentasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline