Lihat ke Halaman Asli

Diam-diam Jonggol Menyimpan Potensi Wisata yang Besar, lho!

Diperbarui: 4 April 2017   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sungai Cibeet yang membelah wana wisata Penangkaran Rusa Cariu menjadi lokasi favorit para pengunjung yang ingin berfoto ria. (FOTO: TULUS MULIAWAN)"][/caption]

Nama Jonggol sebagai bagian dari Kabupaten Bogor mendadak ramai diperbincangkan setelah artis cilik Sony Wakwaw tenar di layar kaca. Nama Jonggol muncul dalam lirik lagu berjudul Bapa Mana Bapa Mana yang dinyanyikan Sony Wakwaw.

Selain terkenal dengan sosok Sony Wakwawnya, diam-diam Jonggol dan beberapa kecamatan di sekitarnya seperti Cariu dan Sukamakmur juga menyimpan potensi wisata yang besar lho! Di wilayah ini terdapat sejumlah objek wisata layak dikunjungi.

Buat kalian yang tinggal di Jabodetabek dan sedang mencari destinasi liburan alternatif di akhir pekan, ada baiknya kalian coba mengunjungi Jonggol. Berikut adalah lima spot wisata yang layak untuk dikunjungi di daerah Jonggol:

[caption caption="Gunung Batu Jonggol (FOTO: TULUS MULIAWAN)"]

[/caption]

Gunung Batu

Nama Gunung Batu langsung meroket saat era media sosial merajalela. Orang-orang mulai berdatangan mengunjungi gunung setinggi 875 meter dari permukaan laut itu karena letaknya yang tidak jauh dari wilayah Jabodetabek.

Permukaan Gunung Batu didominasi bebatuan. Gunung ini bisa didaki dalam waktu 45 menit, tapi itu tergantung cuaca dan berapa banyak orang yang sedang mendaki gunung itu. Semakin banyak yang mendaki, semakin lama perjalanannya.

Kenapa begitu? Soalnya, puncak Gunung Batu berupa jalan setapak yang lebarnya nggak lebih dari dua meter. Untuk berdiri di puncak, pendaki harus bergantian. Yang pasti, harus berhati-hati karena tidak ada pengamanan di puncak gunung.

Setibanya di puncak, kalian akan melihat pemandangan indah berupa perbukitan dan sungai-sungai yang mengalir di sekitar Gunung Batu. Tempat ini sangat cocok buat kalian yang sedang mencari pemandangan indah saat matahari terbit.

[caption caption="Curug Ciherang Jonggol (FOTO: TULUS MULIAWAN)"]

[/caption]

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline