Pembelajaran yang menyenangkan dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan Kahoot!
Kahoot! Merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Aplikasi ini dirilis pada tanggal 1 November tahun 2012.
Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna membuka tautan www.kahoot.com kemudian pilih gabung di sana nanti akan diarahkan apakah pengguna akan berlangganan atau mencoba yang gratis.
Setelah bergabung pengguna atau guru dapat menulis soal dan pilihan jawaban serta memasangkan kunci jawaban. Pengguna juga dapat menambah slide soal tambahan. Dalam penulisan soal guru juga dapat menampilkan gambar yang relevan dengan konteks soal.
Bagi siswa atau pemain diarahkan untuk membuka tautan kahoot.it kemudian siswa cukup memasukkan PIN yang dibagikan oleh guru. Pada kesempatan kali ini siswa dibagi beberapa kelompok. Setelah mendapatkan PIN siswa diminta untuk menuliskan nama kelompok nya masing-masing. Setelah itu siswa langsung bisa menjawab pertanyaan atau kuis-kuis yang dibuat oleh guru. Di layar siswa hanya muncul simbol alternatif jawaban saja sedangkan pertanyaan dan pilihan jawaban berada di layar guru.
Dampak positif dari penggunaan aplikasi Kahoot! ini adalah belajar menjadi asyik dan menyenangkan, memudahkan guru untuk mengukur kemampuan siswa. Sedangkan bagi siswa dapat membangkitkan minat untuk belajar lebih giat lagi.
Oleh : Yulian Kapriyanto, S.Pd
#rilis #media #kahoot! #belajar #asyik #menyenangkan #sekolahjuara #sdjuarabatam #indonesiajuara #juli
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H