Setelah melihat, membuka-buka, dan membaca secara cepat (draft) UU Ciptaker sebanyak empat kali, barulah saya menemukan strategi untuk memahaminya, yakni harus dibaca dulu secara cermat bagian Rancangan Penjelasan (mulai hal 590 hingga hal 905).
Dari penjelasan umum dan penjelasan pasal demi pasal, diketahui bahwa UU ini terdiri dari 186 pasal namun akan ada dua pasal dihapus yakni pasal 110 dan 116; serta ada 25 pasal yang penjelasannya amat panjang, misalnya lihatlah penjelasan pasal 17, 24, 27, 31.
Bahkan di pasal-pasal 51, 55, 56, 57. 58 penjelasan itu menjadi amat berkepanjangan, dan setelah itu penjelasan panjang berhenti di Pasal 150 karena mulai Pasal 151 sampai terakhir, penjelasannya wajar-wajar saja.
Mengapa 25 pasal berpenjelasan panjang (ada pasal penjelasannya lebih dari 10 halaman) perlu diberi catatan? Di sinilah salah satu "ciri khas" UU Ciptaker ini, yaitu seperti diuraikan di Penjelasan umum alinea terakhir: "Untuk mendukung pelaksanaan kebijakan startegis penciptaan kerja beserta pengaturannya, diperlukan perubahan dan penyempurnaan berbagai Undang-Undang terkait.
Perubahan Undang-Undang tersebut tidak dapat dilakukan melalui cara konvensional dengan cara mengubah satu persatu Undang-Undang seperti yang selama ini dilakukan, cara demikian tentu sangat tidak efektif dan efisien serta membutuhkan waktu yang lama" (italic oleh penulis).
Artinya, UU Ciptaker ini dapat disebut "out of the box" karena meramu berbagai UU terkait menjadi satu keutuhan meski memang harus diakui betapa tidak lazimnya untuk penjelasannya saja membutuhkan 315 halaman.
Tidak salahlah kalau disebutkan, di sinilah terletak "omnibus" nya, karena memang merangkum dan mengatur banyak kepentingan. Memang, kelak bila sudah dirapikan, jumlah keseluruhan halaman rasanya akan berkurang dari draft yang 905 halaman itu.
Kata kunci
Kata kunci UU Ciptaker ini kiranya ada dalam kalimat sederhana ini: "Penciptaan lapangan kerja yang dilakukan melalui pengaturan terkait dengan peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha, paling sedikit memuat pengaturan mengenai: penyederhanaan Perizinan Berusaha, persyaratan investasi, kemudahan berusaha, riset dan inovasi, pengadaan lahan, dan kawasan ekonomi" (italic oleh penulis).
Dan rumusan sederhana namun sangat jelas ini, menjadi lebih jelas lagi manakala kita padukan dengan ruang lingkup UU Ciptaker yang meliputi: (a). peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha; (b). ketenagakerjaan; (c). kemudahan, perlindungan, serta pemberdayaan koperasi dan UMK-M; (d). kemudahan berusaha; (e). dukungan riset dan inovasi; (f). pengadaan tanah; (g). kawasan ekonomi; (h). investasi Pemerintah Pusat dan percepatan proyek strategis nasional; (i). pelaksanaan administrasi pemerintahan; dan (j). pengenaan sanksi.
Kata kunci lain mengapa penciptaan kerja yang berkualitas sangat diperlukan, karena:
- Jumlah angkatan kerja yang bekerja tidak penuh atau tidak bekerja masih cukup tinggi (sebesar 45,84 juta yang terdiri dari: 7,05 juta pengangguran, 8,14 juta setengah penganggur, 28,41 juta pekerja paruh waktu, dan 2,24 juta angkatan kerja baru; dan perlu diketahui jumlah ini sebesar 34,3% dari total angkatan kerja, sementara penciptaan lapangan kerja masih berkisar pada maksimal 2,5 juta per tahunnya;
- Jumlah penduduk yang bekerja pada kegiatan informal sebanyak 70,49 juta orang (55,72% dari total penduduk yang bekerja) dan cenderung menurun, dengan penurunan terbanyak pada status berusaha dibantu buruh tidak tetap;