Lihat ke Halaman Asli

Jokowi Bisa Tersandung

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Heboh Jokowi yang selalu merajai berbagai poling calon presiden berikutnya masih terus ramai dibicarakan di media sosial, kebiasaan Jokowi yang suka blusukan dan lebih merakyat telah berhasil menarik simpati masyarakat Indonesia secara umum. Pertanyaannya apakah Jokowi akan melenggang mulus menjadi orang nomor satu di Indonesia?

Nanti dulu, perjalanan masih panjang nan berliku harus dilalui oleh Jokowi sebelum mencapai keinginan mayoritas masyarakat Indonesia secara umum. Dalam berbagai kesempatan Jokowi menjawab tentang kesiapanya menjadi capres sudah tepat. Dengan gayanya yang ceplas ceplos sederhana itu sudah menjadi ciri khas dari seorang Jokowi. Waktu setahun pada pemilhan preiden 2014 nanti akan menjadi ujian serius buat Jokowi, dalam dunia politik segala kemungkinan masih bisa saja terjadi.

Pertama, rakyat akan menilai sejauh mana keberhasilan Jokowi bersama Ahok dalam mengelola Jakarta. Kalau kita fair menilai pasangan ini cukup berhasil meskipun masih ada kekurangan disana-sini dan saya kira itu wajar karena waktu yang masih terlalu dini untuk melihat kinerja pasangan ini secara umum.

Kedua, sikap Ketua Umum PDIP Megawati yang belum secara gamblang mendukung pencalonan Jokowi untuk maju pada pilpres mendatang sudah tepat, kalau dideklarasikan tergesa-gesa bisa-bisa Jokowi akan menjadi sasaran tembak oleh semua lawan politiknya karena sekarang pun sudah terlihat tekanan baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Ketiga, harus diingat permainan politik tingkat tinggi yang semakin memanas di tahun-tahun politik ini. Orang-orang di sekitar Jokowi dalam hal ini kolega-kolega di PDIP harus bemain cantik pula jangan terjebak permainan politik yang ditabuh oleh politisi kawakan.

Perkembangan terakhir mengenai kirtikan politisi senior Amien Rais pada Jokowi telah menimbulkan reaksi yang cukup keras dari masyarakat termasuk dari para petinggi PDIP sendiri. Ingat, walaupun Amien Rais sudah tua tap tetap harus diperhitungkan. Saya kira kritikan yang dialamatkan pada Jokowi merupakan testing the water, jangan sampai jebakan batman yang ditabuh oleh Amien Rais justeru menjadi blunder yang telah sukses memancing reakasi orang terdekat atau simpatisan dari para Jokowi Lovers.

Sebagai penutup, sukses tidaknya seorang Jokowi menduduki RI 1 akan bergantung pula permainan politik PDIP, siapa nanti pasangan Jokowi pada pilpres nanti. Kalau rakyat sendiri sudah tak diragukan lagi dukunganya terhadap Jokowi. Harus dingat waktu pemilu 1999 PDIP menjadi kampiun tapi tak berdaya di parlemen karena manuver politik poros tengah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline