Lihat ke Halaman Asli

Tuhu Nugraha Dewanto

Principal of Indonesia Applied Digital Economy & Regulatory Network (IADERN)

Twitter Buzzer & Social Media Strategy

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Ketika berbicara mengenai kampanye brand dan digital marketing strategy saat ini, dalam perencanaan digital media placement, Twitter Buzzer seperti keharusan. Jadi jangan heran, kalau saat ini tarif para buzzer juga melambung tinggi, hitungannya sekarang per tweet.   Semboyannya "apapun kampanyenya, mediumnya teteuppp  Buzzer'.

Padahal dengan semakin melambungnya harga buzzer, ditambah dengan konsumen yang sudah lebih pintar membedakan mana tweet iklan, dan yang datang dari hati. Relevansi dan efektivitas Twitter Buzzer menurut saya makin lama makin menurun.

Ini bukan berarti saya menentang penggunaan Twitter Buzzer, tapi pengelola brand dan agency harus lebih cermat untuk melihat, efektifkah kampanye tersebut menggunakan Twitter Buzzer? Atau alokasi budgetnya bisa digunakan untuk medium lain yang mungkin lebih efektif mencapai tujuan dan menggapai audiens yang kita harapkan.

Lalu yang relevan saat seperti apa? Ada beberapa syarat penting yang menurut saya akan membuat Twitter Buzzer menjadi relevan dan efektif

Topik Untuk Dibicarakan

Syarat pertama agar penggunaan Twitter Buzzer punya nilai tambah bagi sebuah kampanye adalah, ada topik yang menarik, yang bisa jadi bahan pergunjingan di Twitter. Kalau kampanye brandnya sendiri sesuatu yang biasa-biasa saja, maka akan percuma saja. Karena orang tidak akan perduli dengan hal tersebut, dan gak akan menjadi Word of Mouth (WOM). Kalau tidak akan menjadi WOM, mungkin bisa menggunakan cara lain untuk berkomunikasi di digital, misalnya banner, iklan di mesin pencari, review produk dll.

Topik yang menarik adalah yang punya nilai berita, misalnya sesuatu yang pertama kali, terbesar, unik, cerita tentang David Vs Goliath, hal-hal yang sentimentil. Cerita-cerita seperti ini yang seksi, dan akan membuat fungsi Twitter Buzzer akan berjalan maksimal. Ceritanya akan di Retweet, orang-orang akan menggunjingkan topik tersebut. Dan berakhir dengan jurnalis yang penasaran akan mengangkatnya menjadi topik berita.

Audiens

Hal kedua yang perlu dipahami adalah riset dahulu benarkah target kita berkerumun di Twitter? Twitter mungkin sedang tren, tapi ingat jumlahnya hanya berapa persen dibandingkan dengan jumlah pengguna Facebook di Indonesia. Jangan sampai terperangkap dengan silaunya pesona Twitter saat ini. Twitter bukanlah medium massal, penggunanya sebagian besar kaum urban di kota-kota besar.

Buzzer yang Relevan & Lingkaran Pengaruh

Syarat ketiga  adalah hati-hati dalam memilih buzzer. Tidak ada buzzer yang cocok untuk segala macam produk. Buzzer juga seharusnya dipilih bukan hanya berdasarkan jumlah follower, tapi juga tingkat interaksinya, dan pengaruh mereka ketika beropini di bidang tersebut didengar atau tidak. Untuk melihat pengaruh seorang buzzer secara umum, kuat atau tidak , salah satunya bisa diintip dari skor Klout . Blog saling-silang dan Media Ide, membahas dengan lebih komprehensif soal ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline