Lihat ke Halaman Asli

Tsani Lutvia

Mahasiswa Sains Psikologi

Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa SMP/SMA

Diperbarui: 17 Juni 2023   00:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan kognitif pada anak SMP (Sekolah Menengah Pertama) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) melibatkan kemampuan kognitif yang semakin kompleks dan abstrak. Beberapa tahapan perkembangan kognitif pada periode ini dapat dikaitkan dengan beberapa teori yang terkait antara lain :

1. Tahap operasi formal (Usia 11-15 tahun): Pada tahap ini, anak-anak mulai mampu berpikir secara abstrak dan logis, mampu melakukan pemecahan masalah yang kompleks, berpikir tentang konsep-konsep hipotetis dan mampu membuat inferensi.

  • Teori Piaget tentang perkembangan kognitif: Piaget mengemukakan bahwa pada tahap ini, anak-anak memasuki tahap operasi formal, di mana mereka mampu berpikir abstrak dan logis. Mereka dapat melakukan pemikiran deduktif dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan.

2. Tahap pemikiran abstrak (Usia 15-18 tahun): Pada tahap ini, anak-anak mulai mengembangkan pemikiran abstrak yang lebih kompleks. Mereka dapat mempertimbangkan konsep-konsep filosofis, ilmiah, dan sosial yang lebih rumit.

  • Teori perkembangan kognitif Piaget: Piaget juga mengemukakan bahwa pada tahap ini, anak-anak memasuki tahap operasi formal yang mencakup kemampuan untuk melakukan pemikiran abstrak. Mereka dapat menghasilkan gagasan-gagasan hipotetis dan mempertimbangkan alternatif-alternatif yang berbeda.
  • Teori perkembangan kognitif oleh Lev Vygotsky: Vygotsky mengakui pentingnya faktor sosial dalam perkembangan kognitif. Pada tahap ini, anak-anak dapat memanfaatkan interaksi dengan orang dewasa dan teman sebaya untuk mengembangkan pemikiran abstrak mereka.

3.Pemikiran kritis dan reflektif (Usia 15-18 tahun): Pada tahap ini, anak-anak mulai mampu secara kritis mengevaluasi informasi, mengenali bias berpikir, dan mengembangkan pemikiran reflektif yang lebih matang.

  • Teori pendekatan berpikir kritis oleh Richard Paul: Paul mengemukakan bahwa tahap ini melibatkan kemampuan anak-anak untuk secara kritis menganalisis informasi, mengenali bias, dan mengajukan pertanyaan yang mendalam.
  • Teori pendekatan reflektif oleh John Dewey: Dewey menekankan pentingnya refleksi dan evaluasi diri dalam perkembangan kognitif. Pada tahap ini, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan reflektif untuk memahami dan mempertanyakan pemikiran mereka sendiri.

Berdasarkan teori yang dikemukan diatas, kita dapat menganalisis metod pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia SMP hingga SMA. Salah satu metode pembelajaran yang kini diterapkan di sekolah adalar pembelajaran berbasis proyek (PjBL).

Project Based Learning ( PjBL)

Project-Based Learning (PjBL) dalam lingkup pendidikan didefinisikan sebagai pendekatan pembelajaran di mana siswa terlibat dalam proyek atau tugas yang melibatkan penyelidikan, desain, dan pemecahan masalah nyata. Dalam pembelajaran ini, siswa belajar melalui pengalaman praktis, bekerja dalam kelompok atau individu, dan menerapkan pengetahuan mereka ke dalam konteks yang relevan. PjBL mendorong pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, dan tanggung jawab sosial siswa. memiliki peranan penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif siswa usia SMP-SMA. 

PjBL memiliki beberapa peranan dalam meningkatkan perkembangan kognitif siswa, seperti :


1.Peningkatan keterampilan pemecahan masalah
2.Pengembangan pemikiran abstrak dan logis
3.Peningkatan kemampuan berpikir kritis
4.Stimulasi kreativitas
5.Peningkatan kolaborasi dan komunikasi
6.Peningkatan pengetahuan domain spesifik

Penerapan Project Based Learning di Sekolah

Dalam menerapkan metode PjBL, peran serta guru sangat berperan besar mengoptimalkan perkembangan kognitif siswa SMP hingga SMA. Adanya pengetahuan dan keahlian serta kreativitas masing- masing gurudalam menjalankan proses pembelajaran yang berbasis proyek, dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, baik yang tampak ataupun belum tergali dari diri masinh- masing individu. Berikut beberapa contoh penerapan Project Based Learning (PjBL) di sekolah yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa usia SMP dan SMA:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline