Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Akuntansi Penting Dalam Keuangan Perusahaan?

Diperbarui: 6 Januari 2023   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo, disini saya akan berpendapat mengapa akuntansi penting dalam keuangan. 

Pendapat saya mengenai akuntansi penting dalam keuangan sebagai berikut.

Akuntansi adalah cara meneliti, membukukan, dan mengomunikasikan suatu kejadian ekonomi dalam perusahaan. Artinya setiap kejadian ekonomi entah itu transaksi jual-beli barang atau jasa, semuanya akan diidentifikasi, dicatat dan dikomunikasikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Salah satu alasan mengapa akuntansi sangat penting dalam keuangan yaitu akuntansi digunakan untuk membuat laporan keuangan. 

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui keuangan perusahaan pada waktu tertentu. Akuntansi memang memiliki peran untuk memberikan data keuangan kepada pengguna internal maupun eksternal perusahaan. Dengan begitu pihak internal maupun eksternal akan mengetahui seberapa baik masalah keuangan pada perusahaan.

Saat pihak eksternal mengetahui keuangan perusahaan sedang dalam keadaan baik, pihak eksternal akan berfikir untuk mencoba berinvestasi kepada perusahaan. Dengan keadaan keuangan yang sedang membaik, jumlah yang berinvestasi semakin banyak akan membuat perusahaan semakin berkembang dan maju.

Itulah yang membuat mengapa akuntasi penting dalam keuangan perusahaan. Sekian dari pendapat saya, jika ada kesalahan dalam pendapat saya, mohon dimaafkan. Terima Kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline