Lihat ke Halaman Asli

Fakta Unik Tentang Kucing

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kucing merupakan salah satu peliharaan yang paling banyak di pelihara oleh manusia. Kucing dikenal sebagai hewan yang tenang dan menyenangkan, memiliki bulu yang halus dan sangat bersahabat. Tapi, tahukah kamu bahwa masih banyak fakta - fakta unik kucing yang belum kita ketahui.  Bagi para pecinta kucing, wajib tahu loh.. Berikut ini beberapa fakta unik tentang kucing, yaitu:


  1. Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya.
  2. Kucing dapat menarik nafas sebanyak 20-40 kali  per menit.
  3. Lidah kucing tidak dapat merasa, karena kurangnya sensor syaraf di lidahnya. Manusia mempunya sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473.  Oleh karena itu nafsu makan kucing, ditentukan oleh bau (indera penciuman, bukan indera perasanya).
  4. Ketika seekor kucing menggosokan badannya ke kaki atau badan anda, ia sedang menandai anda dengan baunya dan menyatakan anda sebagai pemiliknya.
  5. Rata rata waktu tidur kucing 17 jam.
  6. Kucing yang sehat mempunyai suhu tubuh 38-39,5 derajat Celcius.
  7. Semua kucing membutuhkan taurine dalam makanan untuk mencegah kebutaan. Kucing juga harus mengkonsumsi sejumlah lemak dalam makanan karena tidak dapat memproduksi lemak sendiri.
  8. Ekor kucing digunakan untuk menjaga keseimbangan, terutama ketika sedang berlari dan melompat.
  9. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.
  10. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.
  11. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline