Lihat ke Halaman Asli

Tsalits Faizah

Guru dan Hipnoterapis

Pencinta Kuliner? Inilah Makanan Khas Lamongan yang Wajib Kamu Coba

Diperbarui: 31 Mei 2023   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Makanan khas Lamongan - Pict by katadata.co.id

Makanan Khas Lamongan - Siapa nih yang suka berburu kuliner? Atau kamu adalah seorang content creator makanan yang sedang mencari bahan untuk konten? Coba deh, kamu ke Lamongan dan nikmati aneka kuliner di sana. Siapa tahu cocok dengan selera lidahmu.

Saat lagi berlibur di pantai di Lamongan, mengunjungi sanak saudara, atau ada urusan bisnis, nggak ada salahnya kamu mencoba beberapa makanan khas Lamongan untuk dimakan di tempat atau bisa juga dijadikan buah tangan untuk yang tercinta.

Kuliner Lamongan ini Wajib Kamu Cicipi Saat Ada di Lamongan

Penasaran dengan anega ragam kuliner Lamongan? Yuk intip beberapa makanan khas Lamongan di bawah ini:

1. Wingko Babat

Pasti kamu semua sudah pada dengar wingko Babat, kan? Kuliner Lamongan satu ini berasal dari kecamatan Babat Lamongan. Bahan dasar dari wingo Babat adalah tepung ketan, parutan kelapa, dan gula pasir. Selain bahan di atas, tentu ada bahan rahasia dapur di tiap produsen wingko massing-masing.

2. Soto Lamongan

Makanan khas Lamongan selanjutnya adalah soto Lamongan. Menu soto memang banyak ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, soto ayam Lamongan ini berbeda dari soto pada umumnya.

Letak perdebaan soto Lamongan dengan soto lainnya adalah pada bumbu koya yang ditaburkan di atas penyajian soto. Koya ini berasal dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan. Bagaimana rasanya? Jangan ditanya lagi. Suegeerrr .....

3. Jumbrek - Makanan Khas Lamongan

Jika kamu cari jajan tradisional khas Lamongan, jumbrek adalah pilihannya. Namanya cukup unik, seunik tampilannya. Kuliner Lamongan satu ini dibikin dari tepung beras, santan, dan gula jawa. Yang bikin unik adalah bungkusnya.

Jumbrek Lamongan - Pict by issue.com

Jajan tradisional Lamongan pantura ini dibungkus dengan daun lontar atau siwalan berbentuk kerucut. Rasanya manis dan aroma sedap dari daun lontarnya sangat kuat. Nggak semua orang bisa bikin bungkus jumbrek, lho. Termasuk aku.

4. Nasi Boran

Nasi boran atau sego boran akan sering kamu jumpai ketika berkunjung ke Lamongan. Penjual nasi boran ini biasanya mangkal di pinggir jalan dengan payung besar dan alas tikar.

Dinamakan nasi boran adalah karena mereka menggunakan boran atau bambu yang dianyam sebagai tempat nasi mereka. Makanan khas Lamongan sego boran bumbunya sangat khas. Teksturnya halus dan pedasnya pas.

Untuk lauknya ada berbagai macam. Di antaranya adalah jeroan, ayam, tempe, tahu, dadar jagung, telur dadar dan masing banyak lagi. Kamu bisa menikmati kuliner Lamongan ini di pinggir jalan sambil menikmati angin yang berhembus bersama kendaraan yang lalu lalang.

5. Kerupuk Singkong Lamongan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline