Lihat ke Halaman Asli

Tsalis Nur Sholikhah

Penyuka tantangan, Ingin menjadi Setegar Batu Karang, dan banyak memberi manfaat untuk orang-orang.

Ibu Wakil Bupati Bantul Hadiri Bazar UMKM Kapanewon Pleret

Diperbarui: 9 Januari 2022   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Minggu, 9 Januari 2022, dalam rangka membangkitkan perekonomian masyarakat, Kelompok Organisasi "Pelaku Usaha Kreatif-Mataram Pleret" (PUSAKA) Kapanewon Pleret menggelar acara Bazar UMKM dan Senam Massal. Bazar UMKM ini diikuti kurang lebih 55 stand yang berasal dari lima kalurahan yaitu, Kalurahan Pleret, Kalurahan Wonokromo, Kalurahan Bawuran, Kalurahan Segoroyoso dan Kalurahan Wonolelo. Sebagian lagi ada yang berasal dari luar Pleret.

Ada banyak jenis produk yang ditampilkan oleh para pelaku UMKM yang mengikuti bazar, diantaranya kerajinan tas dari kanvas, lukis bamboo, aneka tanaman, buah, aneka fashion, aneka kuliner seperti makanan tradisional, jajanan pasar, minuman tradisional dan masih banyak lagi.

Senam massal turut memeriahkan acara Bazar UMKM dengan doorprise utama kambing. Peserta senam yang berjumlah ratusan itu antusias mengikuti senam massal hingga acara selesai sekaligus berbelanja aneka produk UMKM yang dipamerkan.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Ibu Wakil Bupati Bantul yaitu Ibu Dwi Joko Purnomo, S.Sn. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena saat ini pemerintah sedang giat-giatnya membangkitkan gairah UMKM pasca pandemic. Dengan adanya kegiatan ini tentu akan berimbas baik terhadap perekonomian masyarakat khususnya wilayah Kapanewon Pleret.

Usai memberikan sambutan di acara Bazar UMKM, Ibu Wakil Bupati turut menyumbang sebuah lagu kemudian berkeliling ke stand-stand UMKM sekaligus berbelanja ditemani Ibu Panewu Pleret, Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos, MM. Tidak hanya meramaikan stand bazar, Ibu Dwi Joko Purnomo, S.Sn sekaligus meresmikan Kelompok Organisasi Pelaku Usaha Kreatif (PUSAKA) Mataram Pleret yang telah berbadan hukum ini.

Selain Ibu Wakil Bupati Bantul, turut hadir pula Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Agus Sulistyana, MM yang juga memberikan motivasi untuk para pelaku UMKM serta dihadiri oleh Lurah se-Kapanewon Pleret.

Diharapkan acara ini dapat ditindaklanjuti dengan mengadakan kegiatan semacam "Sunmor" setiap minggu. Sehingga fungsi dari keberadaan Organisasi UMKM dalam membangkitkan perekonomian masyarakat dapat terealisasikan. Tentunya, acara sunmor seperti ini perlu dukungan banyak pihak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline