Lihat ke Halaman Asli

Apa yang Saya Lakukan Ketika Lulus dengan Gelar S.Kom

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sistem komputer (SK) adalah salah satu jurusan yang berbasis IT, segala sesuatunya di dasarkan oleh teknologi, maupun itu dalam bentuk hardware (perangkat keras) atau software (perangkat lunak). Maka tidak menutup kemungkinan segala kiprah lulusan jurusan SK dapat bekerja di perusahaan manapun, karena sebuah perusahaan pasti menggunakan teknologi. Entah itu sekretaris, enginering, analysis, programmer dan sebagainya.

Saya adalah salah satu mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan sistem komputer diajarkan berbagai macam mata kuliah. Dari mulai mata kuliah lokal hingga mata kuliah khusus yang mana saya memperlajari teknik pengkodean (coding) dalam membuat program/aplikasi, ataupun membuat alat ketika berada di laboratorium. Dimana itu semua berguna ketika terjun di dunia kerja.

Contoh pekerjaan web programming atau web designer. Dimana seseorang membuat web atau mendesign dengan bahasa pemrograman yang telah di sediakan. Contohnya java, C++, bahasa C. Itu adalah salah satu hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan komputer. Pembuatan web dasar dengan membeli hostinger untuk membuat web yang prabayar. Tetapi tetap saja menggunakan pengkodean (coding) untuk membuat tata letak, design, atau masalah keamanan web itu sendiri.

Kami juga dapat membuat alat untuk mengatasi problem yang ada disekeliling kita, karena sudah di bekali pada praktikum-praktikum yang ada di kampus. Contoh realnya flood detector, dimana alat ini mendeteksi adanya kemungkinan banjir dengan menggunakan tinggi air atau sensor yang dapat mendeteksi pergeseran kerak bumi. Jadi pekerjaan ini bisa dimasukan dalam tipe analysis atau meneliti sebuah solusi yang dapat mengatasi problematika kehidupan.

Tidak menutup kemungkinan juga pekerjaan lulusan SK dapat bekerja sebagai wiraswastawan. Membuat suatu lapangan kerja dalam hal apapun. Tekstil, makanan, wisata dan lain-lain. Dengan konteks yang kreatif dan inovatif. Contohnya juga membuat cafe berkonteks teknologi. Dimana konsumen dapat merasakan suasana di dalam pesawat luar angkasa. Tak lupa juga menggunakan teknologi modern.

Disamping itu banyak bagian di perusahaan yang membutuhkan kinerja komputer. Nah, disini lah peran kami (mahasiswa SK) yang membuat, memperbaiki, atau merawat semua arsitektur komputer itu sendiri. Ketika terjadi problem pada server, kendala terhambatnya jaringan yang ada di perusahaan itu, akan terjadi maintenence (perbaikan) sementara pada sistem yang rusak.

Saya sendiri tertarik dengan jaringan pada perusahaan CISCO. Dimana cisco ini adalah perusahaan peralatan komunikasi yang berbasis di California, Amerika Serikat. Perusahaan ini awalnya hanya membuat peralatan routing, akan tetapi sekarang menjual bermacam peralatan-peralatan komunikasi seperti berikut:

1. Ethernet switches

2. Branch office routers and CPE (Customer Premises Equipment)

3. IP Telephony products such as IP PBXes (CallManager), VoIP gateways and IP phones

4. Network security devices such as Firewalls, VPN concentrators, Network and Host

Intrusion Prevention and Software

5. Metro optical switching platforms

6. Large carrier grade core and edge routers / MPLS switches

7. Carrier and enterprise ATM switches

8. Cable Modem Termination Systems (CMTSes)

9. DSL subscriber aggregation / concentration equipment

10. Remote access and universal gateways

11. Storage Area Network (SAN) switches and appliances

12. Network management software and appliances

13. Wireless

14. Home networking products (via the Linksys division)

(dikutip dari blog : http://masihbisabikin.blogspot.com/2013/06/pengertian-cisco.html)

Demikian contoh-contoh pekerjaan bagi lulusan sarjana sistem komputer di dunia kerja.  Dan bagitulah apa yang saya lakukan setelah lulus. Mendalami jaringan dan tidak menutup kemungkinan saya akan mendalami hal lain. Banyak pilihan yang bisa diraih, tinggal bagaimana caramu melihat dan menggapai pilihanmu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline